Twitter Banyak Uji Coba Fitur Baru Mirip Instagram
Fitur baru twitter, menjanjikan privasi yang lebih baik. (Foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter sedang bereksperimen dengan beberapa fitur yang memberi pengguna lebih banyak kontrol atas cuitan mereka. Diklaim, fitur tersebut mirip dengan fitur khusus Instagram Stories, Close Friends.

Dari laporan TechCrunch yang dikutip Slashgear, Senin 5 Juli, Twitter sedang menguji fitur "Trusted Friends" yang memungkinkan pengguna memilih siapa yang dapat melihat tweet mereka. Seperti hanya bisa dilihat oleh kerabat terdekat atau orang pilihan saja.

Cara kerja fitur ini yaitu pengguna Twitter bisa memilih siapa saja yang akan bisa melihat cuitan yang mereka tulis di jendela "Compose tweet." Berada di sebelah kanan avatar dan di atas keterangan "What's happening?," pengguna akan melihat menu dropdown bertuliskan "Everyone."

Kemudian diklik untuk memunculkan jendela "Trusted Friends," di mana pengguna bisa memilah dan memilih siapa saja pengikut yang bisa melihat cuitan mereka. Jika sudah diunggah, tweet eksklusif itu akan ditandai dengan label "Trusted friends" berwarna hijau yang muncul tepat di atas unggahan.

Sejatinya, Twitter memang menawarkan beberapa kontrol atas privasi tweet pengguna, tetapi fitur kali ini dapat memungkinkan pengguna hanya menunjukkan tweet itu untuk pengikut pilihan.

Fitur lain yang sedang diuji oleh jejaring sosial adalah Reply Language Prompts, yang pada dasarnya adalah sistem yang menyaring jenis bahasa atau kata-kata yang tidak ingin dilihat pengguna. Lagi-lagi fitur ini mirip Filter Comment Instagram.

Ada pula fitur Facets adalah fitur yang dapat membantu memisahkan tweet bisnis dari tweet pribadi, setidaknya bagi mereka yang hanya ingin mengikuti aspek tertentu dari lini masa Twitter seseorang. Meski demikian, Twitter tidak menjanjikan bahwa semua ini akan menjadi fitur nyata ke depannya, karena kali ini bau hanya berupa konsep.