Mahasiswa Sukses Pasang Windows 11 Pada Ponsel Lawas Windows Miliknya
HP Lumia 950 XL menjalankan Windows 10X (Gizmochina)

Bagikan:

Preview Windows 11 sudah dirilis dan bisa diakses publik sejak awal pekan ini. Namun, seorang mahasiswa malah bikin kejutan. Alih-alih memasangnya pada PC atau laptop, sistem operasi Windows terbaru ini malah dipasangkan pada ponsel lawas.

Mahasiswa itu bernama Gustave Monce. Dalam video demo singkat yang dibagikannya, mahasiswa teknik ini menunjukkan bagaimana Windows 11 yang berjalan pada Lumia 950 XL –salah satu ponsel berbasis Windows dan juga ponsel terakhir yang menjalankan versi tersebut.

Tak disangka, Windows 11 bisa beradaptasi dengan baik pada layar berukuran 5,7 inci. Namun, bagian kecepatan animasi terasa kurang. Artinya, meskipun Windows 11 bisa dipakai pada Lumia 950 XL, tapi secara performa dinilai kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hanya saja, itu bukanlah poin utama dari percobaan yang dilakukan Gustave. Pada The Verge, Gustave menjelaskan bahwa percobaan ini diawalinya lima tahun yang lalu. Dan sudah banyak ponsel berbasis Windows yang menjadi bahan uji coba Gustav.

“Ini dimulai lima tahun yang lalu, saat ponsel Windows 10 mulai usang,” jelas Gustave dikutip dari The Verge, Jumat, 2 Juli.

Selanjutnya, Monce pun bekerja sama dengan Bingxing Wang, rekan teknisi, untuk mewujudkan smartphone yang mampu menjalankan OS Windows.

“Seiring waktu berjalan, kami mulai mebicarakannya, kelompok diskusi pun dibentuk dan selanjutnya kami memiliki komunitas yang punya ketertarikan untuk menjalankan Windows 10 pada Lumi 950,” jelas Gustave.

Kini, kelompok bikinan Gustave beranggotakan 15 orang. Dan setiap hari, selalu ada peningkatan dari visi yang ingin mereka wujudka: membuat Windows bisa berjalan secara penuh pada smartphone.

Gunakan Metode Rekayasa Terbalik

Dalam mengimplementasikan OS Windows 11 pada smartphone, Gustave dan tim melakukan metode rekayasa terbalik pada river. Tak hanya itu, mereka juga menuliskan beberapa kode sendiri.

“Aku tidak ingin menyatakan bahwa kami cepat dalam melakukannya. Kami membutuhkan waktu empat tahun untuk sampai ke hasil ini, dan sebenarnya hasil ini cukup impresif karena tanpa bekal dokumentasi,” papar Gustave.

Pengalaman selama bertahun-tahun melakukan rekayasa terbaik untuk Windows 10 dan 10X berbuah manis. Terlebih, menurut Gustave, Windows 11 pada dasarnya versi pembaruan. Sehingga tidak perlu menambahkan banyak hal yang baru.

Gustave dan tim juga membuat situs khusus untuk proyek yang dijalankan. Di dalamnya, pengunjung bisa mengakses alat-alat yang dipakai, panduan, serta dokumentasi program untuk menanamkan Windows 10 dan Windows 11 pada ponsel Windows lawas.

Tertarik mencoba? Anda bisa membuka situs bikinan Gustave yang sudah tim VOI sisipkan di atas.