Sambut Uang Kripto, Bogota Adakan Sayembara Senilai Rp40,3 Triliun untuk Biayai Perusahaan Blockchain
Bogota bakal jadi kota Blockchain dunia (CryptoValleyJournal)

Bagikan:

JAKARTA - Ibu Kota Kolombia, Bogota memiliki program khusus untuk mendanai perusahaan blockchain. Program pendanaan tersebut bernama Hub Blockchain yang akan menyuntikkan dana sebesar 40,3 triliun kepada perusahaan blockchain yang lolos seleksi.

Ini merupakan bentuk dukungan Bogota terhadap teknologi kripto. Sejumlah pihak mendukung agenda tersebut di antaranya Universitas Jorge Todeo Lozano, Biointropic y Tribe Accelerator Singapura dan Innpulsa.

Melansir News.Bitoin, bagi perusahaan yang tertarik mendapat pendanaan tersebut harus mempresenasikan proposalnya ke lembaga Fitic, Bogotá Innovation, Technology, and Creative Industries Fund (FITIC).

Pihak Fitic akan menyeleksi proposal yang layak untuk didanai pemerintah Bogota. Sejumlah proyek yang memiliki gagasan inovatif dalam memecahkan permasalahan yang ada di kota tersebut akan mendapat keuntungan tersendiri.

Selain itu, bagi setiap startup bakal mendapat 10 juta dolar AS (setara Rp 144,3 miliar) hingga 50 juta dolar AS (setara Rp 721,7 miliar). Dana tersebut diperuntukkan bagi pengembangan proposal perusahaan.

Bagi startup yang terpilih akan mendapat arahan teknis dari lembaga Fitic dalam menerapkan ide-ide dalam proposal yang sudah dipresentasikan. Dengan adanya suntikan dana tersebut, lembaga Fitic berharap bisa memberi manfaat kepada 100 startup melalui program tersebut.    

Bogota bukan hanya berencana menjadi smart city tapi menjadi “smarter city”. Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Bogota, Claudia Lopez. Selain itu, terdapat program serupa yang diperuntukkan bagi industri lain.

Ibu kota Kolombia tersebut bermaksud menciptakan perusahaan di kota yang mampu menawarkan produk dan layanan dengan cara mengadopsi teknologi baru. Mereka juga menghadirkan program lain yang bernama Innovative Green Businesses.

Melalui program tersebut, kota Bogota akan mendanai sejumlah perusahaan terpilih yang mempunyai inisiatif dalam memberikan dampak lingkungan dalam cara yang positif.

Selain itu, Bogota juga menghadirkan program Environment 2021 guna mendorong perusahaan saat ini untuk mengembangkan produk dan layanan berbasis teknologi baru.

“Dengan empat program FITIC ini kami akan membantu perusahaan dan pengusaha yang mencari solusi baru untuk menjawab tantangan saat ini dan masa depan, serta yang dihasilkan oleh revolusi industri keempat,” kata Walikota Bogota, Claudia Lopez.

Dengan adany program tersebut Bogota telah memberikan sumbangsih terhadap pengadopsian teknologi blockchain. Hal ini merupakan bagian dari rencana Bogota dalam menerima mata uang kripto dan teknologi blockchain secara masif bagi kehidupan di masa mendatang.