Bank Sentral Portugal Izinkan Perdagangan Kripto, Mind the Coin dan Criptoloja
Bank sentral Portugal izinkan perdangangan kripto (Bitcoinsensus)

Bagikan:

JAKARTA – Bank sentral Portugal, Banco de Portugal izinkan platform perdagangan kripto untuk beroperasi yakni Mind the Coin dan Criptoloja. Kini negara tersebut memiliki dua perusahaan perdagangan kripto resmi.

Melansir Bitcoin News, penyedia layanan aset digital di Portugal harus terlebih dulu didaftarkan ke bank sentral. Banco de Purtugal memastikan platform perdagangan aset digital untuk mematuhi hukum terkait pencegahan pencucian uang dan pendanaan teroris.

Platform Mind the Coin menyediakan perdagangan uang kripto Bitcoin (BTC), Litecoin (LTC), dan Monero (XMR). Belum diketahui apakah platform tersebut juga menyediakan uang kripto meme yang tengah populer saat ini atau tidak.

“Beli bitcoin atau mata uang kripto lainnya (bisa dilakukan) di platform kami atau P2P online,” ujar pihak perusahaan.

Sedangkan Criptoloja yang berbasis di Lisbon, menyebut dirinya sebagai perusahaan perdagangan kripto yang “100 persen Portugis”. Criptoloja menyediakan layanan perdagangan uang kripto.

Bank sentral Portugal akan mengawasi platform perdagangan kripto. Mereka juga mewajibkan perusahaan perdagangan kripto untuk melapor guna diperiksa terlebih dulu.

Tidak cuma platform perdagangan kripto saja, mereka juga mewajibkan perusahaan penyedia layanan transfer kripto untuk mendaftar.

“Penyimpanan dan/atau administrasi aset atau instrumen virtual yang memungkinkan kontrol, kepemilikan, penyimpanan, atau transfer aset tersebut, termasuk kunci terenkripsi pribadi” juga diwajibkan untuk mendaftar ke Banco de Portugal.