Mahasiswa di Paraguay Bisa Bayar Semesteran Pakai Bitcoin, Ethereum dan Ripple
Universitas di Paraguay terima pembayaran dengan uang kripto (Tangkapan Layar, Twitter @Universidadparaguay)

Bagikan:

JAKARTA – Penerimaan mata uang kripto semakin masif di Amerika Latin. Salah satu universitas di Paraguay dikabarkan akan memperbolehkan mahasiswanya membayar kuliah dengan sejumlah uang kripto pada Agustus mendatang.

Hal tersebut terjadi setelah El Salvador menjadikan Bitcoin sebagai mata uang resmi negara. Universidad Americana Paraguay diinformasikan segera menerima pembayaran dengan uang kripto Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH) dan Ripple (XRP).

Informasi tersebut disampaikan oleh Direktur Umum Camilo Jiménez Agüero, sebagaimana dilansir dari CoinDesk. Universidad yang mempunyai 17.000 mahasiswa dan sekitar 60 persen di antaranya menggelar perkuliahan secara virtual.

Pihak universitas juga sudah membuat wallet kripto untuk menerima pembayaran dengan tiga mata uang kripto tersebut. Jiménez mengabarkan bahwa dompet tersebut tidak akan diaktifkan hingga musim gugur dimulai dan menu pembayaran di laman resmi kampus sudah siap digunakan.

Berbeda dengan pihak lain, Universidad Americana Paraguay tidak akan menukar uang kripto yang mereka terima ke bentuk mata uang fiat. Keputusan tersebut akan diterapkan setelah sistem pembayaran selesai.

Universidad Americana Paraguay telah bekerja sama dengan perusahaan kripto lokal guna mengembangkan proyek tersebut. Jiménez tidak mengungkapkan informasi tersebut secara lebih detail termasuk nama perusahaan kripto itu.

Kampus lain juga dikabarkan akan mengikuti jejak Universidad Americana Paraguay. Pihak universitas menyediakan sejumlah kursus yang berfokus pada teknologi blockchain dan mata uang kripto.

Universitas mengadopsi Bitcoin cs sebagai alat pembayaran karena kurangnya bantuan dari pemerintah setempat selama pandemi ini. Hingga kini, sebanyak 70 persen pembayaran yang diterima kampus merupakan pembayaran dalam bentuk digital.

“Tantangannya adalah untuk memperluas adopsi kripto dan bermigrasi ke saluran pembayaran yang lebih efisien,” kata Jiménez Agüero, dikutip dari CoinDesk.

Sebelumnya, sebuah perusahaan hiburan terbesar di Parguay, Grupo Cinco sudah terlebih dulu mengumumkan untuk menerima pembayaran dengan mata uang kripto pada Juli mendatang.

Selain itu, Jiménez optimis bahwa bisnis dan industri di Paraguay bakal mengadopsi mata uang kripto karena menghadirkan mekanisme pembayaran yang mudah, cepat, efisien.