Pemerintah Meksiko Tak Mau Uang Kripto Jadi Pembayaran yang Sah, Alasannya Cuci Uang Kartel Narkoba
Kartel narkoba di Meksiko lakukan money laundry melalui kripto (El American)

Bagikan:

JAKARTA – Pemerintah Meksiko menegaskan uang kripto masih merupakan aset digital dan belum diresmikan sebagai alat pembayaran yang sah. Regulator keuangan Meksiko mengeluarkan pernyataan tersebut dalam sebuah konferensi pers pada Senin 28 Juni lalu.

Bank sentral negara tersebut, Bank of Mexico bersama Komisi Perbankan dan Sekuritas Nasional sepakat untuk memperingatkan investor kripto bahwa aset tersebut masih sangat berisiko jika digunakan sebagai alat tukar dan penyimpan nilai.

Melansir Cointelegraph, regulator keuangan tersebut menekankan bahwa setiap lembaga keuangan yang berbasis di Meksiko “tidak berwenang untuk melakukan dan menawarkan operasi publik dengan aset virtual.” Mereka secara spesifik menyebut Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan Ripple (XRP).

Peringatan tersebut tampaknya menanggapi rencana yang baru-baru ini diumumkan oleh Ricardo Salinas Pliego yang bermaksud untuk mengadopsi Bitcoin melalui bank miliknya, Banco Azteca.

Orang terkaya ketiga di Meksiko tersebut telah mengmumkan bahwa pihaknya kemungkinan menerima Bitcoin. Tindakan tersebut merupakan bagian dari kampanye Bitcoin agar pemerintah mengadopsi uang kripto BTC.

Hal tersebut mendapat tanggapan dari Menteri Keuangan Meksiko, Arturo Herrera dengan mangatakan bahwa lembaga keuangan di Meksiko dilarang mengunakan mata uang kripto. Herrera menegaskan bahwa kebijakan tersebut tidak akan berubah dalam waktu dekat.

Pemerintah Meksiko saat ini tengah mempelajari mata uang kripto dan potensi penggunaan teknologi blockchainnya. Meski demikian, pemerintah Meksiko masih menyebut aset digital tersebut bersifat fluktuatif, spekulatif, dan kurang efektif ketimbang uang fiat.

Di sisi lain, sikap anti-kripto dari Meksiko semakin menguat setelah tetangganya, El Salvador mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang resmi negara. Selain itu, Paraguay juga berencana melakukan hal yang sama. Anggota Kongres Paraguay, Carlos Rejala dikabarkan segera mengumumkan RUU legalisasi uang kripto pada 14 Juli mendatang.

Tampaknya Meksiko masih ragu-ragu dalam mengadopsi Bitcoin. Pasalnya para kartel di Meksiko melakukan pencucian uang melalui uang kripto. Hal ini tidak mampu diantisipasi oleh pemerintah Meksiko sehingga mereka bersikeras menolak adopsi uang kripto.