Abaikan Peringatan, Kapal Perang Inggris dapat Tembakan dari Rusia
Ilustrasi Kapal Perang HMS Defender milik Inggris (Timesofisrael)

Bagikan:

JAKARTA – Rusia dilaporkan memberikan tembakan peringatan kepada kapal penghancur milik Angkatan Laut Inggris, HMS Defender. Lantaran kapal perang tersebut telah melewati perbatasan Rusia di Laut Hitam.

Berdasarkan laporan dari SputnikNews, Kementerian Pertahanan Rusia merilis video yang menampilkan jet SU-24M milik Rusia mengudara di atas kapal penghancur HMS Defender.

Sehari sebelumnya, Moskow memperingatkan bahwa kapal HMS Defender telah melanggar perbatasan laut Rusia yang berada di Laut Hitam. Kementerian Pertahanan Rusia mengancam akan membom HMS Defender jika kapal milik Angkatan Laut Inggris itu melewati perbatasan dan mengabaikan peringatan tersebut.

Rusia memberikan tembakan peringatan kepada kapal tersebut. Tidak lama kemudian HMS Defender meninggalkan kawasan tersebut sebagaimana diinformasikan Kementerian Pertahanan Rusia.

Mengomentari kejadian tersebut, Inggris mengelak bahwa jalur lintasan kapal perangnya tidak melanggar perbatasan karena melalui perairan Ukraina sesuai kesepakatan undang-undang internasional.

Di sisi lain, pernyataan dari Kerajaan Inggris tersebut ditanggapi oleh Kementerian Luar Negeri Rusia dengan mengatakan bahwa Moskow memandang tindakan kapal perang Inggris itu sebagai bagian dari “provokasi kotor”.

Pemerintah Rusia segera memanggil Duta Besar Inggris di Moskow guna membahas kejadian tersebut. Moskow menyayangkan insiden tersebut.