Alasan Apple Bakal Tingkatkan Kapasitas Memori Hingga 1TB di iPhone 13
Apple berencana menyematkan memori 1TB pada iPhone. (Foto: macrumors.com)

Bagikan:

JAKARTA - Smartphone dengan penyimpanan mencapai 1TB saat ini jarang ditemukan, namun Apple berencana menyematkan memori sebesar itu pada iPhone yang akan datang. Kemungkinan itu adalah iPhone 13 Pro.

Mengutip Macrumors, Minggu 6 Juni, analis andal Wedbush Daniel Ives melaporkan, iPhone 13 Pro akan memiliki penyimpanan dan dukungan teknologi LiDAR. Sebenarnya, Wedbush telah lama mengklaim dukungan tersebut, tetapi kali ini ia menegaskan bahwa Apple akan benar-benar menyematkannya.

Keputusan menyematkan memorti hingga 1TB tersebut tentu bukan tanpa alasan, karena berdasarkan informasi yang berkembang, jika di seri iPhone terbaru ini berhubungan dengan format baru diperkenalkan di kamera iPhone 12, yakni ProRaw.

Sehingga dengan ukuran file image yang lebih besar, langkah Apple ini sangat tepat bagi pengguna dengan menyertakan kapasitas memori lebih besar di iPhone 13.

Diketahui, rumor serupa juga muncul pada iPhone 12 sebelum diluncurkan. Sayangnya setelah rilis, penyimpanan terbesar dari seri "Pro" tersebut hanya tersedia hingga 512GB.

Selain penyimpanan 1TB dan LiDAR, iPhone 13 juga dilaporkan akan hadir dengan kapasitas baterai yang lebih besar. Menurut bocoran yang muncul di Twitter, iPhone 13 Mini akan dibekali baterai 2.406mAh, iPhone 13 dan Pro 3.095mAh, dan iPhone 13 Pro Max 4.352mAh.

Tampilannya pun agak sedikit berubah, notch akan semakin mengecil. Biasanya, notch pada iPhone tidak pernah berubah sejak perusahaan memperkenalkan iPhone X pada 2017 lalu.

Lainnya, Apple juga akan memindahkan lubang speaker ke bezel atas. Yang memungkinkan sensor dengan housing kamera lebih dekat satu sama lain. 

Selain itu, Apple akan menggunakan chip VCSEL (vertical-cavity surface-emitting laser) yang lebih kecil untuk memberi daya pada Face ID, yang juga akan memungkinkan Apple untuk mengecilkan notch.