Akhirnya Roket Starship Sukses Mendarat dengan Selamat
Ilustrasi roket Starship (dok. SpaceX)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk pertama kalinya, prototipe roket Starship buatan SpaceX berhasil mendarat dengan selamat. Setelah beberapa kali mengalami kecelakaan yang menyebabkan roket Starship meledak ketika mendarat.

Roket prototipe Starship SN15 diluncurkan pukul 18.24 waktu setempat di fasilitas SpaceX di Boca Chica, Texas, AS. Purwarupa roket ini berhasil mengudara dan mencapai ketinggian hampir 10 km, sebelum akhirnya kembali turun ke permukaan.

Melansir Reuters, ketiga mesin Raptor yang disematkan pada SN15 juga berhasil melakukan manuver belly-flop. Mendekati area pendaratan, mesin kembali dinyalakan untuk mempertahankan posisi vertikal roket sebelum mendarat.

"SpaceX landing nominal," tulis CEO SpaceX Elon Musk tak lama setelah SN15 sukses mendarat sempurna, seperti dikutip dari The Verge. Penyebutan nominal sendiri merujuk pada istilah industri antariksa yang berarti semua berjalan sesuai rencana.

Sebelumnya, empat prototipe roket SpaceX yang terbang dalam uji coba high-altitude meledak saat proses pendaratan. SN8 dan SN9 meledak saat proses pendaratan, SN10 meledak beberapa menit setelah mendarat, dan SN11 meledak beberapa saat sebelum mendarat.

Roket Starship dirancang untuk mengirimkan manusia dan 100 ton kargo ke Bulan dan Mars. Apalagi NASA telah memberikan kontrak program eksplorasi Artemis pada SpaceX.

Rencananya misi Starship bernama 'dearMoon' diharapkan terlaksanakan pada tahun 2023. Pada misi itu, SpaceX akan mengirim miliarder Jepang Yusaku Maezawa dan beberapa orang lainnya dalam penerbangan selama seminggu di sekitar Bulan.