Hati-Hati Ada WhatsApp Pink, Isinya Justru <i>Malware</i>
Ilustrasi whatsapp pink (gizmochina)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai aplikasi pesan instan yang populer, WhatsApp tentunya banyak memiliki versi modifikasi yang banyak diminati. Namun, tahukah Anda bahwa beberapa di antaranya mungkin berisi malware.

Belum lama ini media sosial dihebohkan dengan munculnya WhatsApp berwarna pink. Tetapi tidak seperti warnanya yang cantik, layanan pesan instan tersebut justru membawa petaka bagi penggunanya karena terdapat virus berbahaya yang mengincar pengguna.

Hal itu diperkuat oleh pernyataan peneliti keamanan Rajshekhar Rajaharia yang juga membagikan tangkapan layar dari aplikasi tersebut, mirip dengan versi aslinya. Dalam deskripsi, WhatsApp Pink akan memberikan versi yang disempurnakan dengan fitur tambahan. Menurut Rajaharia, ini sebenarnya adalah jebakan yang mungkin akan membuat pengguna tergiur.

Tautan untuk mengunduh WhatsApp Pink juga tersebar luas melalui WhatsApp. Apabila diklik, maka ponsel pengguna akan terjangkit virus.

Modusnya, pengguna akan diminta mendaftar dan mengisi informasi log in akun WhatsApp. Rajaharia menuturkan, sekali pengguna melakukan pendaftaran, maka data pribadi tidak lagi aman.

"Waspadalah terhadap WhatsApp Pink! Virus sedang menyebar di grup WhatsApp dengan tautau unduhan APK. Jangan klik tautan apapun dengan nama WhatsApp Pink. Akses lengkap ke ponsel akan hilang," ungkap Rajaharia.

Perlu diingat, WhatsApp tidak pernah meluncurkan versi Pink tersebut. Namun, jika Anda terlanjur tergiur dengan WhatsApp Pink ini, Anda bisa melakukan tips berikut ini yang dikutip dari Gizchina.

1. Putuskan Koneksi dari WhatsApp Web 

Jika Anda sudah mengunduh WhatsApp Pink dan kebetulan sudah menghubungkannya pada WhatsApp Web, segera putuskan koneksi akun WhatsApp yang ada di perangkat WhatsApp Web. Langkah ini harus dilakukan sebelum Anda menghapus aplikasi pada smartphone.

2. Hapus WhatsApp Pink 

Pastikan untuk keluarkan akun sebelum mencopot pemasangan. Selain itu, hapus juga data aplikasi yang tersisa dari pembersih file. 

3. Hapus Cache Browser 

Dengan menghapus cache pada browser, maka tidak ada satupun jejak dari aplikasi yang tersisa. Ini dapat dilakukan melalui pengaturan aplikasi atau dari browser itu sendiri. 

4. Hapus Aplikasi Malware

Jika Anda memiliki aplikasi berisi malware, maka ia akan secara otomatis mengunduh aplikasi malware lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksakan ponsel Anda adakah aplikasi yang mengunduh sendiri. Cara untuk melihatnya, bukalah Manajemen Aplikasi, bukan di toko aplikasi. Jika ada, Anda sebaiknya langsung menghapus aplikasi tersebut.