Avanza Hybrid Siap Meluncur Tahun Depan, Akan Bersaing dengan Xpander Hybrid
Toyota akan hadirkan Avanza versi Hybrid (Toyota Astra)

Bagikan:

Jakarta – Toyota sedang gencar-gencarnya melakukan elektrifikasi mobil buatannya. Hal ini dilakukan karena popularitas mobil listrik semakin meningkat. Toyota akan hadirkan teknologi hybrid pada mobil terlarisnya, Avanza.

Pembuatan mobil Toyota Avanza Hybrid sendiri akan diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMIIN) pada 2022 mendatang. Elektrifikasi ini akan dimulai dari mobil-mobil buatan Toyota yang sudah laku di pasaran Indonesia seperti Avanza.

“Strategi elektrifikasi Toyota yang akan kita lakukan adalah meng-elekftrifikasi model-model yang sudah ada, di sampin dengan model yang juga akan kita impor nantinya,” kata Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT TMMIN, Bob Azzam dalam sebuah acara perayaan 50 Tahun Toyota di RI yang diselenggarakan secara online.

Sebagai informasi, elektrifikasi merupakan penggunaan daya listrik untuk mobil. Saat ini Toyota tengah mempersiapkan rancangan program elektrifikasinya untuk tahun-tahun yang akan datang. Jadi, Toyota akan menghadirkan versi hybrid untuk seluruh mobil yang sudah terlebih dulu ada di pasaran Indonesia.

“Berdasarkan target itu, nantinya kita juga akan membangun kerja sama dengan supply chain kami untuk bagaimanan bertransformasi agar bisa menyuplai komponen-komponen yang berubah tersebut,” ujar Bob.

Toyota lebih memilih melakukan elektrifikasi terhadap mobi-mobil yang sudah terjual di Indonesia ketimbang menghadirkan mobil baru. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga ekosistem supply chain.

Bagi Toyota, tindakan ini cukup penting untuk industri otomotif di masa mendatang. Oleh sebab itu, Toyota memikirkan perubahan dari industri konvensional menuju elektrifikasi yang terencana.

“Jadi ini penting sekali, dan ini menjadi akar bagi industri otomotif ke depan, karenanya harus dipikirkan transformasi industri dari konvensional ke elektrifkasi secara terencana, tidak bisa grasak-grusuk,” ungkap Bob.

Selain Toyota, pabrikan mobil Mitsubishi sudah terlebih dulu merencanakan elektrifikasi mobil besutannya. Mitsubishi akan menyuntikan dana triliunan rupiah untuk pengembangan pabrik dan teknologi elektrifikasi. Mitsubishi akan menghadirkan Xpander versi hybrid.