Mitsubishi Bakal Luncurkan Xpander dan Xpander Cross dengan Sistem Hybrid Awal Februari
Teaser peluncuran Mitsubishi Xpander HEV dan Xpander Cross HEV. (Dok. Mitsubishi Motors Thailand/Facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Mitsubishi merupakan salah satu pabrikan otomotif dari Jepang yang terlambat dalam pengembangan mobilitas ramah lingkungan baik untuk hybrid maupun EV. Meski demikian, produsen mobil ini akan berakselerasi dan memperluas jajaran kendaraan rendah emisi dalam waktu dekat.

Berdasarkan lansiran Paultan, Jumat, 26 Januari, pabrikan berlogo tiga berlian ini memberi sebuah isyarat dalam akun facebook ‘Mitsubishi Motors Thailand’ bahwa model Xpander dan Xpander Cross akan mendapatkan versi hybrid.

Kedua model ini mendapatkan branding ‘HEV’ atau Hybrid Electric Vehicle dan akan diperkenalkan di Thailand pada 1 Februari mendatang dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube. Meskipun demikian, detail lebih jelas dari kedua model ini masih menjadi sebuah tanda tanya.

Meskipun demikian, baik Xpander maupun Xpander Cross memiliki tampilan eksterior yang sama seperti biasanya, tapi dengan sentuhan warna biru pada bagian bodywork maupun roda. Ini sebagai penanda bahwa kedua mobil ini ditenagai oleh sistem elektrifikasi.

Meskipun lencana 'HEV' yang menyertai nama model di postingan teaser menunjukkan bahwa ini akan berbeda dari model hybrid plug-in pabrikan sebelumnya, yaitu Outlander PHEV.

Diperkirakan bahwa kedua model ini mendapatkan motor listrik atau baterai berukuran kecil yang nantinya bekerja sama dengan mesin 1,5 liter 4-silinder bensin bertenaga 105 ps dan torsi 141 Nm.

Kedua model ini merupakan salah satu kendaraan dengan penjualan terbanyak Mitsubishi di pasar Asia Tenggara. Di Indonesia, Xpander dibanderol mulai dari Rp261,2 juta pada varian terbawah GLS MT hingga teratasnya mencapai Rp315,9 juta untuk tipe Ultimate CVT.

Sedangkan, Xpander Cross bersaing di kelas Low Sport Utility Vehicle (LSUV) tanah air dengan banderol harga mulai dari Rp319,75 juta untuk tipe MT dan Premium CVT senilai Rp345,65 juta.