Bagikan:

JAKARTA - Mitsubishi resmi memperluas jajaran kendaraan elektrifikasinya dengan menghadirkan model Hybrid Electric Vehicle (HEV) terbaru, Xpander HEV dan Xpander Cross HEV, di Thailand.

Dalam keterangan perusahaan, Kamis, 1 Februari, kedua model disebut menggabungkan teknologi elektrifikasi dari Mitsubishi dengan sistem kontrol semua roda yang dapat meningkatkan daya tarik kendaraan ini ke level tertinggi.

Bagian eksterior dari kedua model ini tidak jauh berbeda dengan versi pembakaran murni, namun yang membedakan versi hybrid adanya lencana ‘HEV’ pada bagian depan grill ditambah emblem ‘Hybrid EV’ di bagian pintu depan.

6

Kemudian, baik Xpander maupun Xpander Cross ini dihiasi dengan aksen warna biru yang menghiasi keseluruhan eksterior, termasuk pada bagian bumper depan dan pelek, menunjukkan identitas bahwa mobil ini ditenagai sistem hybrid.

Sementara itu, bagian interiornya dilengkapi dengan pengukur LCD 8 inci berwarna yang menampilkan berbagai informasi terkini mengenai kondisi kendaraan. Informasi khusus untuk HEV ditampilkan, seperti pengukur daya yang menunjukkan status Eco, Power, dan Charge yang sinkron dengan kontrol akselerator, selain aliran energi, efisiensi berkendara EV, dan sisa baterai.

Keduanya dilengkapi berbagai mode berkendara memberikan pengalaman berkesan dalam menjalankan mobil di kondisi apapun. Selain itu, pengemudi dapat aktif memilih mode EV, sehingga mobil berjalan dalam keadaan senyap dan tenang.

Sementara, Active Yaw Control dan teknologi kontrol semua roda lainnya melengkapi drivetrain dua roda untuk memungkinkan berkendara aman dan terjamin sesuai keinginan.

6

Sistem HEV pada kedua model ini mencakup generator dan motor listrik dengan keluaran tenaga mencapai 85 kW serta baterai penggerak dikembangkan secara khusus, yang bekerja sama dengan mesin bensin 1,6 liter Atkinson Cycle, menghasilkan total output hingga 114 dk dan torsi 255 Nm.

Disebutkan bahwa motor listrik ini dapat menawarkan torsi yang lebih cepat saat menginjak pedal gas serta memberikan akselerasi instan dan memberikan kenyamanan bagi pengemudi.

Adapun gabungan mesin bensin dengan tenaga listrik ini meningkatkan efisiensi penghematan bahan bakar sekitar 10 persen dibandingkan dengan model pembakaran murni dengan transmisi CVT.

Mitsubishi juga mengumumkan bahwa Xpander HEV dan Xpander Cross HEV secara resmi dijual hari ini dengan harga pembuka mulai dari 912.000 baht hingga 946.000 baht (sekitar Rp404 jutaan hingga Rp420 jutaan). Mobil ini akan diproduksi di pabrik Laem Chabang di Thailand milik perusahaan.