Jangan <i>Spoiler</i> Manga <i>Attack on Titan</i> Chapter 139!
Volume terakhir manga Attack on Titan (Twitter. Bessatsu Shonen Magazine)

Bagikan:

JAKARTA - Chapter terakhir dari manga Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin akan dirilis pada Jumat, 9 April besok. Namun sejumlah leak atau bocoran dari komik buatan Hajime Isayama sudah beredar di lini masa.

Tak sedikit netizen yang kecewa akan spoiler chapter 139 AoT yang beredar. Pasalnya bocoran tersebut telah merusak ending dari komik yang terbit sejak 11 tahun lalu itu. 

Sejak perilisan chapter pertama Attack on Titan pada 9 September 2009, manga terbitan Kodansha ini telah menyedot perhatian. Berbagai penghargaan menghampiri manga yang dalam bahasa Jepang berjudul Shingeki no Kyojin ini. Di antaranya, pemenang kategori manga shonen terbaik dalam Kodansha Manga Award ke-25 (2011). 

Selain itu, AoT dua kali dinominasikan untuk grand prize dalam Tezuka Osamu Bunkashō pada 2012 dan 2013. Dari segi penjualan, pada Desember 2019 lalu, manga Attack on Titan menembus angka lebih dari 100 juta eksemplar. 

Kepopuleran komik ini terus naik, seiring dengan adaptasi anime Attack on Titan yang baru memasuki bagian pertama dari musim terakhir AoT. Di mana paruh akhir dari anime Attack on Titan: S4 part 2 akan tayang pada musim dingin 2022 mendatang.

“Terima kasih telah menunggu saya. Saya akan melakukan yang terbaik hingga halaman terakhir agar Anda dapat merasa puas dengan apa yang Anda baca," ungkap sang kreator, Hajime Isayama dalam sebuah wawancara.

Rekap cerita Attack on Titan

Attack on Titan mengisahkan petualangan tiga sahabat, yaitu Eren Yeager, Mikasa Ackerman, dan Armin Arlert. Ketiganya tumbuh besar di balik dinding raksasa yang melindungi mereka dari ancaman Titan.

Hingga suatu hari, sesosok titan raksasa berhasil menjebol dinding tempat tinggal mereka hingga menewaskan ibu Eren yang dilahap Titan. Menyaksikan kematian sang Ibu, membuat Eren berniat untuk membalas dendam dan melenyapkan para Titan. 

Untuk itulah ia bergabung dalam pasukan Survey Corps untuk mencari tahu asal-usul Titan dan bagaimana cara menghentikan mahkluk raksasa pemakan manusia tersebut. Seiring dengan keterlibatan Eren, Mikasa, dan Armin di Survey Corps, mereka mengetahui jika para Titan merupakan hasil perseteruan dari bangsa Eldia dan Marley.

Beragam konflik dan plot twist konspirasi, akhirnya membuat Eren yang sudah memiliki kekuatan Founding Titan kemudian melakukan rumbling, dengan memerintahkan ribuan Titan raksasa untuk menghancurkan umat manusia. Di tengah keputusasaan, dengan sisa kekuatan yang ada Mikasa mengambil langkah tak terduga untuk mengakhiri Eren selamanya.

Chapter 139 manga Attack on Titan sendiri akan tayang secara resmi melalui laman Crunchyroll, pada Jumat 9 April. Sementara versi cetak dari komik Shingeki no Kyojin sendiri baru akan terbit pada dirilis pada 9 Juni 2021.