Bagikan:

JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bekerja sama dengan Mastercard dalam menghadirkan solusi pembayaran inovatif di dalam kendaraan, yang memadukan sistem pembayaran Mastercard dengan platform manajemen armada berbasis kecerdasan buatan (AI) dari Indosat, NEXTFleet. 

Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pengemudi, memungkinkan transaksi yang aman dan mudah seperti pembayaran tol, pengisian bahan bakar, hingga pesanan makanan melalui sistem infotainment kendaraan. 

Menggunakan sistem tokenisasi dan biometrik, pengemudi dapat menyimpan kredensial pembayaran secara aman  dalam sistem infotainment kendaraannya, dan mengautentikasi pembayaran hanya dengan menggunakan sidik jari. 

“Kemitraan dengan Mastercard menggarisbawahi ambisi kami menjadi AI TechCo, yang mencerminkan tujuan  besar kami dalam memberdayakan Indonesia melalui solusi lebih cerdas dan efisien, serta  meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” ujar President Director and Chief Executive Officer of Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha. 

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa inisiatif ini juga mendukung perusahaan dalam merencanakan dan mengelola armada secara real-time, membantu menurunkan biaya operasional dan meningkatkan produktivitas. 

Dengan proyeksi pertumbuhan transaksi digital sebesar 25,77 persen di Indonesia pada 2024, serta peningkatan jumlah kendaraan bermotor, solusi ini diharapkan menjadi bagian penting dalam ekosistem mobilitas terhubung di masa depan.

“Upaya Mastercard dalam mobility-as-a-service dan solusi pembayaran dalam kendaraan  merupakan bagian dari upaya global kami untuk mengeksplorasi teknologi mutakhir bersama  para pemimpin industri,” kata Aileen Goh, Country Manager and President Director, PT Mastercard Indonesia. 

Kolaborasi ini juga menegaskan peran keduanya sebagai pemimpin dalam inovasi teknologi, menghadirkan solusi canggih yang mendukung masa depan mobilitas yang lebih efisien dan berkelanjutan.