Bagikan:

JAKARTA – NASA meluncurkan Space Station Research Xplorer (SSRX), aplikasi yang dirancang untuk menyediakan hasil investigasi ilmiah dan demonstrasi teknologi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). 

Melalui aplikasi ini, penggemar sains bisa mengetahui berbagai kegiatan di ISS, misi atau eksperimen yang sedang berjalan, manfaat dari berbagai penelitian yang dikerjakan, hingga fasilitas khusus di stasiun. Seluruh informasi yang tersedia bisa diakses secara gratis.

Untuk memudahkan siswa dan penggemar sains dalam belajar, NASA menyertakan ringkasan di setiap hasil investigasi. Lembaga antariksa itu juga menambahkan bahan pembelajaran lainnya seperti media interaktif, foto, video, dan tautan referensi tambahan. 

Jika pengguna aplikasi Space Station Research Xplorer (SSRX) membuka halaman eksperimen, mereka bisa mengakses enam bidang penelitian. Ada Biologi dan Bioteknologi, Ilmu Bumi dan Antariksa, Ilmu Fisika, Penelitian Manusia, dan lainnya.

Sementara itu, ada beberapa bagian yang bisa diakses seperti Fasilitas untuk mengetahui ruang penelitian dan informasi mengenai lembaga serta Manfaat untuk mengetahui dampak penelitian bagi kemajuan eksplorasi ruang angkasa dan manusia di Bumi.

Selain itu, ada LabTour untuk melihat modul Columbus, Kibo, dan Destiny stasiun dan mempelajari informasi dari deskripsi eksperimen. Pengguna aplikasi Space Station Research Xplorer (SSRX) juga bisa mengakses bagian Tautan untuk melihat berbagi informasi di luar aplikasi.

NASA menjanjikan pembaruan aplikasi setiap bulan sehingga pengguna bisa mengikuti perkembangan ilmiah terkini. Aplikasi Space Station Research Xplorer (SSRX) bisa diunduh di App Store atau Google Play Store menggunakan iPhone, iPad, dan perangkat Android.