Bagikan:

JAKARTA – NASA mengumumkan bahwa mereka resmi bermitra dengan Hispanic Heritage Foundation (HHF), organisasi non-profit yang didirikan untuk mendukung latino. Kemitraan ini diresmikan pada 30 September lalu. 

Melalui kerja sama ini, NASA dan HHF akan memperluas kesempatan pendidikan Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika (STEM) bagi siswa K-12 dan mahasiswa latino. Keduanya yakin bahwa kolaborasi ini dapat mengurangi hambatan bagi masyarakat latino. 

Untuk memulai kolaborasi ini, NASA dan HHF mengadakan upacara peresmian di Markas Besar NASA. Masing-masing perwakilan telah menandatangani kontrak Perjanjian Undang-Undang Luar Angkasa sehingga kerja sama ini resmi disepakati. 

Perwakilan dari NASA adalah Wakil Administrator NASA, Pam Melroy, sedangkan perwakilan dari HHF adalah Presiden sekaligus CEO HHF, Jose Antonio Tijerino. Setelah penandatangan perjanjian dilakukan, Melroy mengatakan bahwa NASA siap berinovasi untuk masa depan. 

"Inisiatif ini akan membantu membangun tenaga kerja sains, teknologi, teknik, dan matematika masa depan yang beragam, yang menunjukkan komitmen kami untuk menjadikan badan antariksa Amerika dapat diakses oleh semua orang," ungkap Melroy.

Sementara itu, Antonio mengatakan bahwa kemitraan ini merupakan langkah yang sangat baik bagi organisasinya. Bersama dengan NASA, HHF akan memperkenalkan jalur karier di bidang kedirgantaraan dan antariksa kepada seluruh orang Latin di AS. 

"HHF sangat gembira bermitra dengan NASA untuk memperluas peluang STEM,” kata Antonio Tijerino. “Kemitraan inovatif dengan NASA ini akan memungkinkan kami untuk memperluas misi kami, bahkan di luar planet ini."

Selama kemitraan ini berjalan, HHF akan menggabungkan sumber daya, konten, serta tema pendidikan STEM NASA ke dalam program Latinos on the Fast Track (LOFT) yang mereka kembangkan. Di sisi lain, NASA akan mengembangkan materi untuk kurikulum terbaru dan menyediakan akses bagi para profesional di pendidikan STEM.