Kini PayPal Terima Pembayaran Pakai Uang Kripto, Tapi Baru di Amerika
PayPal terima transaksi bitcoin (Bitcoin News)

Bagikan:

JAKARTA – PayPal kini mengizinkan transaksi pembayaran dengan memakai uang kripto. Namun perlu diingat, transaksi keuangan dengan cryptocurrency ini baru bisa digunakan oleh penggunanya di Amerika Serikat (AS).

PayPal menerima pembayaran dengan uang kripto mulai dari bitcoin ethereum, bitcoin cash hingga litecoin. Termasuk juga penukaran uang kripto menjadi uang fiat, yang bisa diterima pedagang.

“Untuk pertama kalinya Anda bisa menggunakan cryptocurrency secara mulus, sama seperti mengunakan kartu kredit atau debit dalam dompet PayPal,” ujar CEO PayPal, Dan Schulman seperti yang dikutip dari CNBC International. Kamis, 1 April

Sebenarnya, PayPal sudah memiliki rencana untuk kebijakan ini sejak tahun lalu. Dalam beberapa bulan yang akan datang, pembayaran dengan menggunakan uang kripto akan bisa diterima oleh sebanyak 29 juta merchant di seluruh dunia.

Sebelum PayPal, sejumlah perusahaan lain telah menerima pembayaran uang kripto, seperti Visa dan Tesla. Bedanya, pembeli yang membayar pakai uang kripto ke PayPal, maka perusahaan tersebut akan menyimpannya sebagai uang fiat.

Peraturan untuk menerima uang fiat diperlukan guna terhindar dari resikonya yang tinggi, yaitu volatilitas.

“Kami pikir ini titik transisi di mana cryptocurency bergerak dari didominasi kelas aset yang dibeli, disimpan dan dijual menjadi alat yang bisa digunakan dalam transaksi di dunia nyata dengan jutaan merchant,” ujar Schulman.

Selain itu, PayPal tidak membebani biaya transaksi untuk setiap penggunanya ketika membayar dengan uang kripto. Setiap pembayaran juga hanya dapat memakai satu jenis koin.