Bagikan:

JAKARTA - Perbincangan terkait dengan orang di balik akun Kaskus Fufufafa masih terus berlanjut. Sebuah akun anonim di X @YourAnonId_ baru-baru ini mengungkapkan keterlibatan Gibran Rakabuming Raka di balik akun tersebut. 

Pasalnya, nomor yang beredar di sosial media, yang juga terdaftar di akun Fufufafa yang diduga milik wakil presiden terpilih itu sama dengan nomor telepon yang tercantum di data pencalonan Gibran sebagai Walikota Solo. 

“Akun Fufufafa telah diubah, tetapi jejaknya tidak bisa disembunyikan. Kami punya bukti kuat, termasuk foto data pencalonan Gibran sebagai Wali Kota Solo, yang membuktikan akun ini dulu menggunakan nomor Gibran,” tulis akun tersebut. 

Dia juga mengunggah foto yang menguatkan keyakinan warganet bahwa nomor tersebut adalah benar nomor Gibran. Dari foto tersebut, VOI melihat bahwa nomor yang tercantum di berkas dan nomor yang tersebar di sosial media adalah sama. 

Akun @YourAnonId_ juga mengklaim bahwa mereka mendapatkan foto tersebut dari SIM Card dan situs Dukcapil yang berhasil mereka retas. 

“Tidak, kami membocorkan data Gibran dari situs SIMcard & Disdukcapil,” tulis akun tersebut saat membalas salah satu balasan pengguna X lainnya. 

Beberapa warganet juga sudah mencoba mentransfer saldo GoPay dan OVO ke nomor tersebut. Alhasil, akun GoPay dan OVO yang terhubung dengan nomor tersebut bertuliskan milik Gibran Rakabuming Raka. 

Untuk membuktikan klaim tersebut, VOI juga telah mencoba melakukan hal sama. Hasilnya, benar bahwa nomor tersebut terdaftar ke akun Gibran. Tapi, akun GoPay dan Gojek miliknya kini sudah berganti nama menjadi Slamet. 

Kendati demikian, jika Anda mentransfer saldo ke GoPay atas nomor tersebut melalui Virtual Account (VA), maka nama yang muncul tetap Gibran Rakabuming Raka. 

Kendati demikian, meskipun berbagai bukti terus ditemukan, Pengamat Media Sosial, Eddy Yansen, mengatakan bahwa temuan masyarakat tidak bisa membuktikan bahwa akun Fufufafa adalah milik Gibran. Pasalnya, akun Kasus bisa didaftarkan dengan nama siapa pun. 

“Sangatlah sulit untuk membuktikan sebuah akun anonymous di internet, dikaitkan dengan pemiliknya. Kecuali pemiliknya (Gibran) mengakui. Terutama seseorang bisa mendaftarkan akun kaskus dengan nama siapa pun,” kata Eddy saat dihubungi oleh VOI beberapa waktu lalu. 

Tapi sayangnya, hingga saat ini, belum ada pihak pemerintahan yang mengungkapkan kebenaran siapa orang di balik akun Kaskus Fufufafa yang postingannya berisikan ujaran tidak pantas dilakukan oleh seorang wakil presiden terpilih terhadap Presiden terpilih Prabowo Subianto.