Bagikan:

JAKARTA - Apple memperkenalkan desain internal baru pada iPhone 16 yang memberikan keuntungan besar dalam hal reparasi. Menurut Apple, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus telah "dirancang ulang" untuk mempermudah penggantian baterai serta menawarkan peningkatan performa dan manajemen panas.

Dalam siaran pers iPhone 16, Apple menyatakan bahwa desain internal ini memungkinkan penggunaan baterai yang lebih besar dan lebih baik dalam menyebarkan panas, sambil mempermudah layanan penggantian baterai.

Hal ini selaras dengan detail yang dibagikan oleh Apple selama acara khusus pada Senin 9 September, di mana mereka menyoroti desain termal baru yang memungkinkan kinerja lebih tinggi secara berkelanjutan, terutama saat gaming.

iPhone 16 juga menggunakan optimasi sistem baru, termasuk pembaruan pada logic board utama yang memusatkan penempatan chip dan mengoptimalkan arsitektur sekitarnya. Selain itu, struktur termal baru yang terbuat dari 100% aluminium daur ulang ditambahkan untuk membantu menyebarkan panas, yang menghasilkan peningkatan performa berkelanjutan hingga 30%.

Meskipun Apple belum mengonfirmasi penggunaan teknologi perekat debonding yang dilaporkan sebelumnya untuk mempermudah penggantian baterai, detail lebih lanjut diperkirakan akan terungkap ketika teardown dari iFixit muncul bulan ini. Perubahan ini dilakukan menjelang diberlakukannya undang-undang Uni Eropa pada 2025 yang mengharuskan Apple membuat baterai iPhone lebih mudah diganti.

Menariknya, siaran pers Apple untuk iPhone 16 Pro tidak menyebutkan adanya perubahan pada kemudahan penggantian baterai untuk model tersebut.