Bagikan:

JAKARTA – Instrumen utama untuk Teleskop Luar Angkasa Nancy Grace Roman akhirnya tiba di Goddard Space Flight Center, salah satu fasilitas NASA. Selama berada di Goddard, kinerja instrumen ini akan diuji.

Setelah komponen instrumennya dipastikan bekerja sesuai dengan yang diharapkan, muatan bernama Wide Field Instrument ini akan diintegrasikan ke pembawa instrumen. Selanjutnya, alat pembawa akan dipasangkan ke teleskop pada musim gugur tahun ini.

Rencananya, Teleskop Roman akan diluncurkan pada Mei 2027 dan Wide Field Instrument akan mengambil gambar dengan lebih dari 300 juta pixel di luar angkasa. Bidang pandang instrumen ini sangat luas sehingga hasil surveinya bisa mengungkapkan miliaran objek kosmik.

NASA menjelaskan bahwa instrumen ini dibuat oleh seribu orang, mulai dari tahap desain awal hingga perakitan. Instrumen Teleskop Roman ini didesain oleh para pekerja di Goddard, BAE Systems di Boulder, Aerospace Corporation, Northrop Grumman, dan masih banyak lagi.

"Saya sangat senang dapat menghadirkan instrumen yang luar biasa ini," kata Mary Walker, Manajer Wide Field Instrument untuk Teleskop Roman. "Bertahun-tahun kerja keras dan dedikasi tim telah membawa kami ke momen yang mengasyikkan ini."

Sebagai mata dari Teleskop Roman, Wide Field Instrument dirancang dengan kemampuan tingkat tinggi. Instrumen ini memiliki resolusi yang tajam dan sensitivitas yang baik. Selama berada di luar angkasa, instrumen ini akan membantu Teleskop Roman dalam mempelajari materi gelap dan exoplanet.

Julie McEnery, Ilmuwan Senior Proyek Roman, mengatakan bahwa instrumen ini dapat mengubah sinyal yang masuk dari luar angkasa. Cara kerja ini dapat membawa pemahaman baru mengenai bagaimana alam semesta bekerja.

"Untuk mencapai tujuan utamanya, misi ini akan mengukur ratusan juta galaksi secara tepat. Itu merupakan kumpulan data yang cukup banyak untuk diambil oleh semua jenis peneliti, jadi akan ada banyak hasil pada berbagai macam ilmu pengetahuan," ungkap Julie.