Bagikan:

JAKARTA - Menurut edisi terbaru dari buletin Power On Mark Gurman, grup Vision Apple terus bereksperimen dengan beberapa produk baru sebagai lanjutan dari peluncuran Apple Vision Pro awal tahun ini. Produk-produk baru ini meliputi headset Apple Vision yang lebih terjangkau, generasi kedua dari Apple Vision Pro, serta versi kacamata pintar.

Apple Vision Pro diluncurkan pada keynote WWDC tahun lalu dan mulai dikirim ke konsumen pada Februari 2024. Meskipun peluncurannya sangat dinantikan, antusiasme mereda cukup cepat karena banyak orang enggan membayar  3.499 dolar AS (Rp55,8 juta) untuk headset realitas campuran, meskipun teknologinya cukup mengesankan.

Namun, Apple tidak membiarkan penurunan penjualan mengurangi semangat mereka – dan menurut Gurman, perusahaan tetap pada jalur untuk meluncurkan headset Apple Vision yang lebih terjangkau “kemungkinan pada tahun depan”. Gurman juga menegaskan bahwa Apple terus mengerjakan generasi kedua dari Apple Vision Pro, meskipun waktu peluncurannya belum jelas.

Belum jelas apa yang akan dilakukan Apple untuk mengurangi biaya pada model yang lebih terjangkau ini, tetapi Gurman tetap skeptis tentang apakah produk ini akan membuat headset Apple Vision lebih populer. Produk-produk di kategori ini belum mampu menangkap imajinasi konsumen, dan sulit untuk menentukan kapan hal tersebut akan terjadi. Jika model yang lebih terjangkau ini tidak kurang dari 1.500 dolar AS (Rp23,9 juta), perangkat Vision mungkin akan tetap menjadi produk niche.

Kacamata Pintar Apple

Selain dua headset Apple Vision baru, Gurman menambahkan bahwa grup Vision masih bereksperimen dengan kacamata pintar tanpa layar, mirip dengan kacamata Ray-Ban Meta. Gurman pertama kali melaporkan ide ini pada bulan Februari, dan tampaknya perusahaan masih berkomitmen pada produk ini.

Dia juga menambahkan bahwa “ide untuk membuat kacamata augmented reality yang sebenarnya telah ditangguhkan karena tantangan teknis”, sehingga kemungkinan besar kita akan menunggu cukup lama sebelum melihat produk "Apple Glass" yang banyak diimpikan.

Meskipun demikian, Ray-Ban Meta masih merupakan produk yang cukup keren. Mereka memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengambil foto dan video saat bepergian, dan Anda juga dapat berbicara dengannya sebagai asisten suara. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan Meta AI untuk menjawab pertanyaan tentang hal-hal di sekitar Anda, karena ia memiliki akses ke feed kamera tersebut. Kacamata ini juga ringan dan mulai dari sekitar 329 dolar AS. Akan sangat menarik untuk melihat Apple meluncurkan produk serupa.