Bagikan:

JAKARTA – Avanade, penyedia layanan digital, merilis hasil studi terbaru mengenai dampak penggunaan Microsoft Copilot untuk Microsoft 365 di tempat kerja. Studi ini melibatkan ratusan karyawan dari seluruh dunia.

Copilot merupakan teknologi Kecerdasan Buatan (AI) generatif yang dapt mendukung alur kerja produktif. Menurut Growth Markets Area President Avanade Bhavya Kapoor, AI generatif yang dipadukan dengan manusia bisa mencapai kesuksesan bisnis.

"Untuk memaksimalkan manfaat AI sepenuhnya, penting bagi karyawan untuk tidak hanya mahir menggunakan teknologi ini," kata Kapoor. "Ketika kita mengintegrasikan AI ke dalam strategi bisnis yang lebih luas, sangat penting untuk fokus pada pendekatan AI yang berpusat pada manusia."

Copilot untuk M365 dianggap sebagai salah satu alat yang mendukung transformasi digital di tempat kerja. Oleh karena itu, Avanade melakukan studi ini untuk mengetahui dampak AI generatif dalam mendukung kinerja perusahaan dan pegawai.

Ada enam dampak yang Avanade temukan dari survei yang mereka buat, yaitu komunikasi, kreativitas dan inovasi, kepuasan kerja, rasa memiliki, dan perilaku kolaboratif organisasi. Komunikasi merupakan dampak yang paling menonjol dari survei ini.

Awalnya, 72 persen pekerja khawatir dalam menggunakan Copilot hingga mereka berhati-hati setiap kali ingin berkomunikasi. Mereka takut seluruh pembicaraannya terekam. Namun, 45 persen pekerja merasa lebih santai setelah menggunakan Copilot selama enam minggu.

Hasil studi ini menunjukkan bahwa Copilot untuk M365 membawa dampak positif pada kreativitas dan inovasi sehingga lebih dari 89 persen pegawai ingin mencoba cara kerja baru. Sayangnya, ada penurunan minat dalam mengerjakan tugas yang bersifat orisinal.

Temuan lainnya menunjukkan bahwa Copilot untuk M365 meningkatkan kemampuan pegawai dalam beradaptasi dengan teknologi baru. Banyak yang menganggap bahwa alat ini sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan sesuai dengan kebutuhan pribadi.