Bagikan:

JAKARTA – Apple resmi meluncurkan iOS 18.1 versi beta pengembang. Sesuai dengan janji Apple, pembaruan sistem operasi (OS) ini menyertakan fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI) dari Apple Intelligence.

Fitur pertama yang terlihat adalah alat perekam dan pembuat transkripsi panggilan dengan dukungan AI. Dilansir dari The Verge, alat ini sudah bisa digunakan bagi pengguna iPhone 15 Pro dan Pro Max yang memiliki akses ke versi beta.

Selama melakukan panggilan, pengguna bisa melihat tombol Rekam di sudut kiri atas layar untuk menyimpan audio panggilan. Ketika pengguna mengetuk tombol tersebut, lawan bicara akan mendengar pesan yang berbunyi, "Panggilan ini akan direkam."

Selama panggilan direkam, transkrip akan dibuat secara otomatis di aplikasi Notes. Jika pengguna ingin mendengar rekaman audio atau melihat ringkasan percakapan setelah panggilan berakhir, mereka juga bisa mengakses keduanya di Notes.

Fitur AI dari Apple Intelligence belum banyak terlihat. Namun, dalam beberapa waktu mendatang, pihak perusahaan akan merilis smart reply untuk membalas email, fitur ringkasan email, pencarian bahasa alami di aplikasi Foto, dan berbagai fitur lainnya.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan versi beta pengembang dari iOS 18.1, Anda harus menggunakan seri iPhone 15. Anda harus bergabung ke dalam daftar tunggu melalui menu Pengaturan dan menunggu pembaruan perangkat lunaknya.

Perlu diingat bahwa versi beta, baik pengembang maupun publik, dibuat sebagai media pengujian sebelum perangkat lunaknya dirilis dalam versi yang lebih stabil. Selama menggunakan versi beta, Anda mungkin menemukan beberapa masalah atau error pada perangkat.