GM Irene Sukandar Unggul 2-0 dari Dewa Kipas
Tangkapan layar tanding catur Dewa Kipas vs Irene Sukandar

Bagikan:

JAKARTA - Grand Master Irene Sukandar unggul 2-0 atas Dewa Kipas alias Dadang Subur. Pertandingan persahabatan ini disiarkan live di YouTuber #CloseTheDoor milik Deddt Corbuzier. 

Pantauan VOI, Senin, 22 Maret, lebih dari 1,5 juta netizen menonton dwitanding catur ini. Bertindak sebagai komentator adalah Grand Master Susanto Megantoro dan Woman International Master Chelsie Monica.

"Peserta bertanding selama 4 babak masing-masing 10 menit dengan jeda antar babak 5 menit. Kalau imbang 2-2, ada babak sudden death, kalau remis yang menang hitam," kata Hendry Jamal, Ketua Komisi Catur Sekolah PB Percasi. 

Pada babak pertama, Dewa Kipas memegang bidak hitam dan GM Irene memegang bidak putih. Namun langkah blunder justru dilakukan Dewa Kipas sehingga tidak bisa menembus pertahaan Caro-kann yang dilakukan Irene. 

"Irene Sukandar terlihat tidak sabar untuk menyerang Dadang Subur," kata Susanto Megaranto saat Irene memainkan kuda ke-E5. 

Menurut Sutanto Megaranto, Irene Sukandar pada pertengahan pertandingan berhasil mendominasi pertandingan karena sudah terbuka dan unggul perwira. Sehingga GM Irene akhirnya sukses meraih poin pertama.

Pada match kedua, Dewa Kipas gantian pegang bidak putih dan Irene memegang bidak hitam. Susanto dan Chelsie sebagai komentator menilai kedua pemain berhati-hati.

Meski demikian, langkah agresif Irene berhasil mengalahkan Dewa Kipas di babak kedua. Adu catur ini pun kebanjiran penonton, terpantau di babak kedua tembus 1,1 juta penonton. 

Deddy Corbuzier telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp300 juta yang akan diberikan bagi siapapun yang menang baik Dewa Kipas maupun GM Irene Sukandar. 

Pemenang nanti akan mendapatkan hadiah Rp 200 juta. Yang kalah akan mendapatkan hadiah Rp 100 juta.