Bagikan:

JAKARTA – Beta publik kedua dari beberapa sistem operasi (OS) perangkat Apple akhirnya dirilis pada Rabu, 24 Juli lalu. Tiga OS yang sudah dirilis dalam versi beta publik adalah macOS Sequioa, watchOS 11, dan tvOS 18.

Berdasarkan laporan 9to5mac, ada beberapa pembaruan dan perubahan yang terlihat di ketiga OS tersebut. Beberapa perubahan yang terlihat di watchOS 11 dan tvOS 11 merupakan penyempurnaan untuk fitur yang dirilis di versi beta pengembang 4.

Sementara itu, macOS Sequioa mendapatkan sedikit perbaikan di fitur utamanya, yaitu iPhone Mirroring. Di versi beta publik 2, pengguna bisa mengubah ukuran jendela layar iPhone sesuai dengan kenyamanan mata mereka.

Ada tiga ukuran yang bisa dipilih, di antaranya ukuran asli atau default, ukuran yang lebih kecil dari default, dan ukuran yang lebih besar dari default. Pengguna bisa mengubah ukurannya kapan pun tanpa batasan yang ditentukan.

Untuk mengubah ukuran jendela iPhone Mirroring di layar Mac, buka menu View di Menu Bar setelah fiturnya diaktifkan. Setelah itu, pengguna akan melihat tiga ukuran layar yang ditampilkan dan mereka bisa langsung memilih salah satunya.

Beta publik merupakan pengujian perangkat lunak yang dirilis ke dalam kelompok pengguna yang lebih luas untuk mendapatkan umpan balik, menemukan bug, atau masalah lainnya. Tahap pengujian ini berbeda dari pengujian beta developer.

Beta publik selalu dirilis setelah pengujian beta developer karena perangkat lunak yang diuji digunakan oleh pengguna biasa, bukan pengembang profesional. Jika sudah masuk ke dalam tahap beta publik, perangkat lunak dalam bentuk stabil akan dirilis dalam waktu dekat.