Bagikan:

JAKARTA - Seorang perenang berpengalaman berusia 49 tahun di New South Wales, Australia,  berhasil menggunakan Apple Watch-nya untuk memanggil bantuan setelah terseret arus laut yang membawanya semakin jauh dari pantai.

Rick Shearman, warga Byron Bay, sedang melakukan aktivitas body surf pagi di Tallow Beach ketika ia dihantam oleh gelombang besar yang kuat. Ombak menghempaskannya lebih jauh dari daratan. Shearman akhirnya terbawa sekitar satu kilometer (0,6 mil) dari pantai dan terus berusaha mencari saluran untuk kembali ke daratan.

"Saya terkena beberapa gelombang besar di kepala dan sempat tertahan di bawah air, saya mulai panik dan mengalami kram di bawah sana," kata Shearman kepada seorang reporter ABC North Coast. "Setelah sekitar 20 menit, menjadi jelas bahwa saya tidak akan berhasil kembali dan saya butuh bantuan."

Apple Watch. 

Karena kelelahan setelah berusaha menghindari gelombang dan tidak dapat kembali ke pantai, Shearman ingat fungsi darurat pada Apple Watch-nya. Sambil mengapung di air, ia menemukan fungsi SOS pada perangkat tersebut dan menelepon nomor darurat Australia, 0-0-0.

Ia tetap terhubung dengan layanan darurat selama satu jam dan memberikan informasi tentang perkiraan lokasinya. Sebuah helikopter penyelamat kemudian dikerahkan, yang akhirnya menemukan Shearman, dan mengangkatnya ke dalam helikopter untuk dibawa kembali ke pantai.

Jimmy Keogh dari Surf Life Saving Far North Coast, yang memfasilitasi penyelamatan tersebut, menyebut Apple Watch sebagai "pengubah permainan," mengingat kondisi kasar yang terjadi. "Area pencarian untuk orang di air dengan kondisi yang kami miliki, itu akan cukup luas melibatkan banyak agen yang bisa berlangsung berhari-hari," katanya.

Shearman pun setuju, dengan pernyataan itu. "Jika bukan karena akses ke layanan di jam tangan saya, saya mungkin sudah terombang-ambing di suatu tempat di perairan internasional sekarang. Sangat menakjubkan bahwa saya bisa menggunakan teknologi itu untuk menyelamatkan hidup saya," ujarnya.

Apple Watch telah berkali-kali dipuji karenna telah menyelamatkan nyawa, termasuk dari serangan jantung, kecelakaan mobil, dan setelah jatuh keras, dan beberapa insiden lainnya.