Bagikan:

JAKARTA - Anda dapat menambahkan tanda tangan di PDF secara online dan offline dengan menggunakan aplikasi tanda tangan online yang tersedia di internet seperti Smallpdf, Adobe Sign, DocHub, dan sebagainya. 

Melansi dari Privy, berikut ini adalah tutorial yang bisa Anda ikuti untuk menambahkan tanda tangan di PDF secara online dan offline. 

Tanda tangan di PDF secara online

  1. Buka situs Smallpdf yang menyediakan fitur e-sign
  2. Unggah file PDF yang ingin ditandatangani dengan mengklik tombol Pilih File atau Unggah
  3. Setelah file PDF diunggah, cari opsi Tambahkan Tanda Tangan atau Tandatangani Dokumen di situs Smallpdf dan klik opsi tersebut
  4. Buat tanda tangan Anda, bisa dengan menggambar TTd dengan mouse atau touchpad, memindai TTd menggunakan kamera, atau mengetik nama dan memilih gaya tanda tangan yang disediakan
  5. Setelah TTd dibuat, letakkan tanda tangan tersebut pada dokumen PDF dengan mengklik di tempat yang diinginkan
  6. Setelah menempatkan e-sign di tempat yang tepat, simpan perubahan pada dokumen PDF dengan mengklik tombol Simpan atau Unduh.

Tanda tangan di PDF secara offline

Anda juga bisa memasukkan tanda tangan ke PDF pada aplikasi offline, seperti Nitro PDF, Adobe Acrobat Reader, dan sebagainya. Berikut caranya: 

  1. Buka dokumen PDF yang ingin dicantumkan e-sign menggunakan aplikasi PDF editor yang telah terpasang di komputer.
  2. Pilih menu Fill & Sign dan pilih file dokumen yang ingin ditambahkan tanda tangan
  3. Klik opsi Sign yourself dan pilih menu Add signature
  4. Klik opsi Tandatangani Dokumen atau Tambahkan Tanda Tangan pada menu aplikasi PDF editor
  5. Akan muncul halaman pop-up yang mengarahkan untuk membuat tanda tangan. Ada beberapa cara untuk membuat tanda tangan digital, seperti menggambar simbol atau goresan, memasukkan TTd berupa foto atau gambar, dan mengetik nama
  6. Klik Apply dan tanda tangan akan muncul di halaman dokumen
  7. Setelah selesai, klik tombol Simpan atau Save

Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda dapat menggunakan aplikasi dan cara di atas untuk tanda tangan di PDF, namun cara tersebut belum tentu dianggap legal. 

Jadi, jika Anda butuh alat untuk memberi tanda tangan digital dan diakui oleh hukum, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi yang terverifikasi seperti Privy.