Bagikan:

JAKARTA - Aktivitas terdeteksi di alamat Bitcoin yang telah lama tidak aktif, dengan keuntungan spektakuler sebesar 10,419%. Whale Alert melaporkan reaktivasi alamat Bitcoin yang telah tidur selama sekitar 10,6 tahun. Alamat ini menyimpan hampir 149 Bitcoin (BTC).

Pada tahun 2013, 149 Bitcoin di alamat ini hanya bernilai 81.667 Dolar AS (sekitar Rp1,3 miliar). Namun, dalam sepuluh tahun terakhir, nilai Bitcoin telah mengalami pertumbuhan yang signifikan meskipun ada fluktuasi. Harga Bitcoin bahkan mencapai titik tertinggi sepanjang masa (ATH) lebih dari 73.000 Dolar AS (sekitar Rp1,18 miliar). Saat artikel ini ditulis, 1 BTC bernilai 57.819,04 Dolar AS (sekitar Rp939 juta) dengan kenaikan 2,85% dalam 24 jam terakhir menurut data dari CoinMarketCap.

Oleh karena itu, 149 Bitcoin tersebut kini bernilai lebih dari 8,6 juta Dolar AS (sekitar Rp139 miliar), memberikan keuntungan sekitar 10.419% dalam satu dekade. Ini merupakan salah satu keuntungan tertinggi yang dicatat oleh dompet Bitcoin yang telah lama tidak aktif.

Menurut informasi Coingape, dalam beberapa minggu terakhir, beberapa alamat Bitcoin yang sudah lama tidak aktif mulai menunjukkan tanda-tanda aktivitas. Beberapa hari yang lalu, Whale Alert mendeteksi reaktivasi alamat Bitcoin yang telah tidur selama sekitar 11,1 tahun. Dompet ini menyimpan 20 BTC yang pada saat itu bernilai 1,13 juta Dolar AS (sekitar Rp18,3 miliar) berdasarkan harga pasar Bitcoin. Saat ini, nilai tersebut telah meningkat menjadi 1,15 juta Dolar AS (sekitar Rp18,6 miliar).

BACA JUGA:


Dua hari sebelumnya, alamat lain yang menyimpan 43 Bitcoin juga diaktifkan, dengan nilai sekitar 2,5 juta Dolar AS (sekitar Rp40 miliar). Alamat-alamat ini tiba-tiba mulai keluar dari posisi Bitcoin mereka baru-baru ini, di tengah penurunan harga. Sayangnya, tren ini mengkhawatirkan industri kripto secara umum, terutama karena pasar menghadapi tekanan jual yang intens.

Namun, hari ini lebih baik dibandingkan beberapa hari terakhir dalam dua minggu ini. Bahkan pemerintah Jerman yang telah menjual banyak BTC, mengakumulasi kembali lebih dari 3.000 unit mata uang digital pertama ini. Bitcoin, Ethereum, dan mata uang digital lainnya mengalami peningkatan sentimen positif. Mayoritas dari mereka mencatat kenaikan harga antara 2% hingga 13%, yang menunjukkan pemulihan pasar.

Sebagian besar, lonjakan bullish ini terkait dengan kesaksian Jerome Powell pada hari Selasa. Seperti yang dilaporkan sebelumnya, Ketua Federal Reserve berbicara kepada Komite Perbankan Senat tentang inflasi dan pemotongan suku bunga. Hingga saat ini, masih belum pasti apakah inflasi akan kembali ke target 2%.