Bagikan:

JAKARTA - Microsoft telah memperkenalkan alat baru bertenaga AI bernama 'Recall' yang memberikan komputer kemampuan 'memori fotografis'. Namun para ahli khawatir ini dapat mengorbankan privasi pengguna. Alat ini secara otomatis mengambil tangkapan layar laptop setiap beberapa detik yang dapat dilihat kembali oleh pengguna nantinya.

Menurut Microsoft, tangkapan layar disimpan secara lokal di komputer dan tidak dapat diakses oleh staf perusahaan atau peretas jarak jauh. Namun, para ahli mengungkapkan kekhawatiran bahwa alat ini bisa mempermudah orang mendapatkan informasi pribadi dari perangkat jika jatuh ke tangan yang salah.

Dr. Kris Shrishak, penasihat AI dan privasi, menyebut alat ini sebagai potensi 'mimpi buruk privasi'. James Bore, pakar teknologi di konsultan Bores Group, mengatakan bahwa alat ini 'bisa menangkap informasi yang mungkin tidak akan disimpan', seperti kata sandi, rincian kartu kredit, atau detail login. Jika laptop jatuh ke tangan yang salah, pelaku bisa 'mengakses sesi pengguna dan mendapatkan informasi tersebut'.

Bore juga percaya pada klaim Microsoft bahwa tidak ada orang lain yang dapat melihat tangkapan layar, karena 'konsekuensi berbohong tentang hal tersebut jauh lebih besar daripada potensi manfaatnya'. Namun, ia menekankan pentingnya memastikan alat ini mudah diaktifkan dan dinonaktifkan, serta idealnya otomatisasi proses penonaktifan tersebut.

Recall eksklusif untuk PC Copilot+, lini baru laptop Windows dari Microsoft yang bertenaga asisten AI Copilot, yang diperkenalkan awal bulan ini. Alat ini dirancang untuk 'menyelesaikan salah satu masalah paling frustrasi yang kita hadapi setiap hari' – menemukan kembali halaman web di komputer.

Dengan Recall, pengguna dapat menemukan konten yang telah mereka lihat di perangkat menggunakan pencarian atau melalui bilah waktu yang memungkinkan mereka menggulir tangkapan layar. Microsoft menambahkan bahwa Recall dapat diaktifkan dan dinonaktifkan kapan saja, namun Kantor Komisioner Informasi (ICO) menyatakan sedang menghubungi Microsoft untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang langkah-langkah keamanan Recall.

"Kami sedang melakukan penyelidikan dengan Microsoft untuk memahami langkah-langkah perlindungan yang ada untuk melindungi privasi pengguna. Kami mengharapkan organisasi untuk transparan dengan pengguna tentang bagaimana data mereka digunakan dan hanya memproses data pribadi sejauh yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu," kata Seorang juru bicara ICO.

Microsoft memperkenalkan Copilot musim gugur lalu sebagai bagian dari era baru AI yang mengubah cara kita 'memanfaatkan teknologi'. Awal tahun ini, terungkap bahwa Microsoft akan menambahkan tombol AI khusus pada komputer mereka – langkah yang membuat banyak pengguna tidak senang.

Lini baru laptop Windows ini memiliki tombol AI di keyboard untuk mengakses chatbot Copilot dengan cepat.