Bagikan:

JAKARTA - IdeaFest melalui Ideafriends mengadakan diskusi inspiratif bersama GWM Indonesia. Mengangkat tema “New Intelligence”, diskusi ini membahas tentang dampak kecerdasan buatan di Tanah Air. 

Tommy Teja, Founder dari komunitas AI, AICO, yang turut hadir sebagai pembicara menyampaikan bahwa melalui teknologi AI, kita dapat merasakan begitu banyak manfaat hasil dari integrasi teknologi AI, bahkan untuk industri otomotif.

“Penggunaan AI dapat meningkatkan kualitas penggunaan kendaraan secara signifikan seperti mengurangi kesalahan manusia yang seringkali menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas, dan membantu menemukan jalan alternatif yang tidak padat,” kata Tommy.

Lebih lanjut, Hari Arifianto, Marketing Director GWM Indonesia mengatakan bahwa terobosan ini memungkinkan pengemudian otonom melalui penggabungan generative AI dengan kamera dan sistem sensor radar untuk deteksi dan identifikasi objek yang disebut dengan ADAS.

“Di GWM, kami berupaya untuk menjadi selangkah di depan dan memberikan terobosan terbaik yang menunjukkan prinsip kami dalam ekosistem mobilitas dengan New Energy, New Intelligence, dan New Experience,” ujar Hari.

Nantinya, AI ini mampu mengumpulkan data tentang lingkungan sekitar kendaraan, seperti kendaraan lain, pejalan kaki, dan rambu-rambu lalu lintas. Data ini kemudian dianalisis oleh algoritma pembelajaran mesin untuk membuat keputusan dan mengontrol kendaraan.

Di GWM sendiri, Hari mengungkapkan bahwa AI tidak hanya meningkatkan pengalaman berkendara, tetapi juga memberikan manfaat yang lebih luas bagi industri otomotif dan masyarakat secara keseluruhan. 

“Teknologi ini membantu mengurangi emisi gas buang, meningkatkan keselamatan di jalan raya, dan membuka peluang baru untuk mobilitas yang lebih mudah diakses dan inklusif,” pungkasnya.