Bagikan:

JAKARTA – Instagram meluncurkan fitur batasan terbaru untuk mengatur dan membatasi interaksi dari orang yang tidak diinginkan. Fitur ini dapat membisukan interaksi dari orang yang berada di luar daftar teman dekat.

Sebelumnya, pengguna hanya bisa membungkam pesan masuk dari pengikut baru atau orang yang tidak masuk ke daftar pengikut. Dengan adanya fitur baru ini, Anda bisa membungkam pesan masuk dari semua orang, kecuali teman dekat.

Selain pesan masuk, Anda juga hanya melihat interaksi berupa tag, tanda suka, mention di postingan atau kolom komentar, dan lainnya dari orang di daftar teman dekat. Fitur ini sangat berguna jika Anda hanya ingin berinteraksi dengan orang yang sangat dekat.

Fitur ini hanya membatasi interaksi, bukan menghentikan interaksi. Anda masih bisa berinteraksi dengan orang di luar daftar teman dekat, tetapi Anda tidak akan menerima pemberitahuan interaksi dari pengguna tersebut.

Batasan baru ini tidak akan aktif sepanjang waktu seperti batasan lainnya. Instagram hanya mengaktifkan batasan teman dekat selama empat minggu. Lewat dari waktu yang ditentukan, Anda harus mengaktifkan kembali batasannya.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda hanya perlu membuka aplikasi Instagram dan mengetuk profil untuk mengeklik ikon hamburger di pojok kanan atas layar. Setelah itu, pilih menu Interaksi Terbatas dan pilih batasan interaksi yang ingin dipilih.

Ada tiga batasan yang dapat Anda pilih, di antaranya Akun yang Tidak Mengikuti Anda, Pengikut Terbaru, dan Semua Orang Kecuali Teman Dekat Anda. Jika hanya ingin menerima notifikasi dari teman dekat, Anda bisa mengaktifkan pilihan batasan yang terakhir.