Empat Cara Ampuh Bikin Instagram Terhindar dari Pengguna yang Mengganggu
Instagram telah berkembang menjadi jejaring sosial satu atap yang lengkap . (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Seiring berjalannya waktu, Instagram telah berkembang menjadi jejaring sosial satu atap yang lengkap dengan Stories bergaya Snapchat, dan Reels bergaya TikTok. Begitupun dengan Direct Message (DM) yang mudah dijangkau siapa saja.

Dengan adanya DM di Instagram, memudahkan pengguna untuk saling terhubung atau mengobrol bersama teman dan keluarga, artinya semua orang dapat menghubungi Anda.

Terdapat cara yang mudah untuk mengendalikan siapa saja yang bisa menghubungi Anda, baik itu di DM maupun di fitur Instagram lain seperti Stories dan komentar. Berikut empat cara yang ampuh untuk membuat akun Instagram Anda aman dari pengguna yang mengganggu.

Pilih Akun Publik atau Pribadi

Jika akun Instagram Anda bersifat publik, siapa pun di platform dapat melihat unggahan dan Stories Anda, kecuali Stories tersebut hanya untuk teman dekat, dan siapa pun dapat mengirim pesan kepada Anda secara langsung.

Siapa pun juga dapat menyukai dan mengomentari foto dan video di feed Anda, terlepas dari apakah mereka mengikuti Anda atau tidak. Jika Anda terganggu akan hal ini, beralih ke akun Pribadi maka akan menjadikan Instagram Anda jauh lebih terbatas.

Dengan mengubah akun ke Pribadi, pengikut baru harus disetujui oleh Anda dan hanya pengikut yang dapat melihat foto, video, dan Stories Anda. Begitu juga hanya pengikut yang dapat menyukai dan mengomentari kiriman Anda.

Dalam hal DM, orang yang tidak mengikuti Anda atau yang tidak Anda ikuti juga tetap bisa mengirimi Anda pesan, tetapi akan masuk ke dalam tab Permintaan. Jika Anda ingin membalasnya, Anda perlu menyetujui pesannya.

Untuk beralih antara akun Publik atau Pribadi di aplikasi Instagram, ketuk ikon akun Anda, lalu tombol menu. Pilih Pengaturan dan Privasi, dan Anda akan melihat ada pilihan Akun pribadi di bagian atas menu, gunakan ini untuk mengubah status akun Anda.

Lindungi DM Anda

Buka DM Anda di aplikasi Instagram, ketuk ikon pesawat kertas di pojok kanan atas dan Anda akan melihat pesan yang masuk dari orang yang Anda ikuti atau yang telah Anda tambahkan ke daftar teman dekat Anda. Pesan dari orang lain di Instagram muncul di bawah tab Permintaan.

Untuk melihat pesan masuk dari orang yang belum terhubung dengan Anda. Anda memiliki tiga opsi, Terima pesan, Hapus pesan, atau Blokir pengguna. Itulah cara default menangani pesan yang dikirim ke kotak masuk Anda.

Untuk mengubahnya, buka lagi layar Pengaturan di dalam aplikasi Instagram, lalu pilih Privasi dan Pesan. Anda dapat memutuskan apakah pesan dari orang yang tidak Anda ikuti masuk ke tab Permintaan atau tidak muncul sama sekali.

Selain itu, Anda juga dapat mengontrol apakah Anda bisa ditambahkan ke obrolan grup di Instagram atau tidak oleh pengguna yang tidak terhubung dengan Anda. Secara default, siapa pun di Instagram dapat menambahkan Anda ke obrolan grup, tetapi Anda dapat mengubahnya menjadi hanya orang-orang yang sedang Anda ikuti.

Batasi Komentar dan Siapa Saja yang Bisa Menyebut Anda

Instagram memberi Anda kendali atas siapa yang dapat mengomentari dan menyukai foto dan video yang Anda unggah. Dari Pengaturan, pilih Privasi dan Komentar, kemudian Anda dapat memutuskan siapa yang diizinkan untuk mengomentari unggahan Anda.

Anda akan disuguhi opsi, semua orang, orang yang Anda ikuti, orang yang mengikuti Anda, atau orang yang Anda ikuti atau yang mengikuti Anda. Anda juga dapat memblokir pengguna tertentu agar tidak meninggalkan komentar.

Terakhir, Anda dapat memilih Batas dari menu Privasi untuk memblokir sementara komentar dan pesan yang tidak diinginkan dari pengguna tertentu, seperti orang yang tidak mengikuti Anda atau yang baru saja mulai mengikuti Anda.

Dengan kemampuan ini, Instagram mengatakan itu dapat membantu pengguna menghindari pelecehan, dan pemblokiran dapat diberlakukan hingga empat minggu.

Blokir dan Batasi Pengguna yang Mengganggu

Jika Anda membatasi pengguna lain, mereka tidak akan dapat melihat saat Anda online atau apakah Anda telah membaca pesan mereka atau belum. Komentar baru yang mereka tinggalkan di unggahan Anda hanya akan terlihat oleh Anda, dan harus disetujui secara manual sebelum dapat dilihat oleh orang lain. Anda juga tidak akan menerima pemberitahuan untuk komentar dari pengguna itu.

Tak hanya itu, pengguna yang diblokir juga tidak dapat menyebut Anda, menandai Anda, atau meninggalkan suka dan komentar pada kiriman Anda. Mereka tidak akan dapat mengirimi Anda pesan, atau sebaliknya, meskipun obrolan sebelumnya akan tetap ada di kotak masuk Anda kecuali Anda menghapusnya.

Pengguna itu juga tidak akan diberi tahu jika Anda membatasi atau memblokirnya, mereka mungkin menyadari dengan mereka tidak dapat menghubungi Anda lagi.

Ada juga opsi bisu untuk orang yang Anda ikuti. Dari profil mereka, ketuk Mengikuti, lalu Bisukan. Anda dapat berhenti melihat unggahan mereka atau Stories mereka agar tidak muncul di berbagai feed Anda. Demikian dikutip dari Wired, Senin, 18 April.