3 Aplikasi Pembersih RAM Android yang Terbukti Ampuh, No Tipu-Tipu!
Aplikasi pembersih RAM Android (Makeuseof)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian besar pengguna ponsel mulai memikirkan aplikasi pembersih RAM Android ketika perangkatnya mulai menunjukkan gejala error. Misal baterai cepat panas, pemrosesan yang lebih lambat, dan masih banyak alasan lainnya.

Memang, Google sudah menambahkan sejumlah fitur canggih pada Android yang berfungsi untuk menjaga performa perangkat. Meskipun begitu, tidak salah juga jika Anda melakukan maintenance sendiri.

Soalnya, bisa menjaga usia ponsel jadi lebih panjang. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan dalam menjaga performa perangkat adalah mengandalkan aplikasi pembersih RAM.

Berdasarkan penelusuran tim VOI, berikut ini 3 aplikasi pembersih Android yang terbukti ampuh. Cek langsung.

Files by Google

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah Files by Google. Seperti yang bisa kita simpulkan dari namanya, ini adalah aplikasi Kembangan Google sendiri. Aplikasi ini sudah terkenal ampuh untuk membersihkan RAM Android dari file sampah.

Sudah banyak pengguna yang mengakui keampuhan aplikasi ini. Apalagi, File by Google juga dibekali tampilan antar muka yang memudahkan pengguna. Sehingga, proses pembersihan RAM  bisa berjalan tanpa banyak kesulitan.

Droid Optimizer

Droid Optimizer merupakan salah satu aplikasi pembersih RAM Android yang sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna di Play Store. Aplikasi ini mudah digunakan, terutama oleh para pemula. Pengembang juga menambahkan tutorial penggunaan aplikasi yang akan muncul di layar ketika Anda pertama kali membuka.

Aplikasi ini menawarkan fitur ‘Sistem Ranking’ yang dirancang untuk memotivasi pengguna menjaga perangkat agar tetap berperforma tinggi. Cukup satu ketuk saja, maka seluruh file sampah di ponsel akan terhapus. Mulai dari file sampah, duplikat, foto duplikat, hingga aplikasi yang tidak terpakai.

All-in-One Toolbox

Terakhir adalah aplikasi All-in-One Toolbox. Di antara dua aplikasi lain, All-in-one Toolbox menawarkan layanan yang terbilang komplit.

Tidak hanya membersihkan RAM dari file sampah, tapi juga memiliki sejumlah layanan yang dijamin menjaga performa perangkat. Contohnya seperti pengawasan konsumsi daya baterai, suhu CPU, hingga iklan yang mengganggu.

Anda cuma memerlukan satu ketukan saja untuk menghapus seluruh file temporer atau cache. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menganalisis perangkat untuk mengetahui kendala-kendala yang bikin ponsel cepat panas, baterai cepat habis, atau eror lainnya.