Bagikan:

JAKARTA - Facebook dan Instagram menjadi tempat bagi banyak orang untuk terhubung dengan keluarga, teman, dan komunitas dari berbagai penjuru dunia. 

Platform ini menjadi tempat di mana Anda bisa menemukan dan menjelajahi hal-hal baru, mencari informasi tentang topik yang sesuai dengan passion, terhubung dengan komunitas atau bisnis, hingga tempat bertukar pesan dengan teman dan keluarga. Namun, melindungi informasi pribadi dan memberi kendali atas data Anda juga merupakan salah satu prioritas utama Meta.

“Kami akan terus mengingatkan pengguna akan pentingnya menjaga keamanan saat beraktivitas di ranah online, serta ketersediaan alat yang dapat membantu mereka mengontrol konten apa yang ingin mereka bagikan dan lihat,” ujar Rafael Frankel, Direktur Kebijakan Publik, Meta.

Berikut ini lima langkah mudah untuk menjaga agar privasi Anda tetap terlindungi selama berkegiatan di seluruh aplikasi Meta:

Lakukan Pemeriksaan Privasi secara teratur

Lakukan Pemeriksaan Privasi secara teratur dan perbarui pengaturan keamanan dan privasi agar terhindar dari perundungan dan pelecehan, atau melihat iklan dan konten yang tidak sesuai.

Aktifkan autentikasi dua faktor

Autentikasi dua faktor adalah fitur keamanan yang membantu melindungi akun Facebook atau Instagram dan kata sandi. Dengan autentikasi dua faktor, Anda akan diminta memasukkan kode login khusus atau mengonfirmasi upaya login-mu setiap kali kamu mencoba mengakses Facebook atau Instagram dari browser atau perangkat seluler yang tidak dikenali. Anda juga akan menerima peringatan ketika seseorang mencoba masuk dari browser atau perangkat seluler yang tidak dikenali.

Mengontrol konten yang dapat dilihat

Anda dapat mengatur siapa yang dapat melihat postingan Anda  baik di masa depan maupun yang sudah diposting sebelumnya. Anda juga dapat mengelola daftar orang yang diblokir di platform, seperti menambahkan orang baru ke daftar blokir yang kamu miliki.

Lindungi pesan dan informasi pribadi

Enkripsi end-to-end di Instagram dan Messenger menambah keamanan ekstra pada pesan dan panggilan yang kamu lakukan dengan orang lain, memastikan bahwa hanya kamu dan penerima pesan atau lawan bicara yang dapat mengakses konten tersebut. 

Atur preferensi iklan

Anda dapat meninjau preferensi iklan, memblokir konten yang tidak diinginkan, dan mengontrol apa yang ingin Anda lihat di feed.