Bagikan:

JAKARTA – TikTok, platform video vertikal di bawah naungan ByteDance, menggelar TikTok Ad Awards 2024 pada Rabu, 22 Mei lalu. Acara penghargaan ini digelar untuk mengapresiasi dan merayakan kreativitas brand.

Di acara Media Luncheon TikTok Ad Awards 2024 pada Rabu, 29 Mei, Sitaresti Astarini selaku Head of Business Marketing TikTok Indonesia mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan kampanye periklanan pertama di Indonesia.

TikTok sering kali menghadirkan iklan yang begitu kreatif dan terasa native sehingga banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa konten yang mereka lihat adalah iklan. Konten iklan seperti ini bisa terbentuk berkat kreativitas para brand.

"Kita pengen menghargai partner-partner kita yang sudah pushing the boundaries of creativity. Mereka bisa engage secara efektif dengan komunitas-komunitas kita menggunakan berbagai macam fitur-fitur yang ada di TikTok," kata Resti.

Ada delapan kategori dari TikTok Ad Awards 2024, tetapi hanya empat kategori yang disoroti di acara Media Luncheon. Keempat kategori itu adalah Best Branding Campaign, Best Commerce Campaign, Best Performance Campaign, dan Best Local Hero Campaign.

Gold winner untuk Best Branding Campaign diberikan kepada Blu by BCA, Best Commerce Campaign diberikan kepada OMG, Best Performance Campaign diberikan kepada Somethinc, dan Best Local Hero Campaign diberikan kepada EatSambal.

Blu by BCA berhasil memenangkan penghargaan dengan konsep iklan berupa customer yang suka menjawab pertanyaan. Brand Activation Senior Manager Rudini Triyadi mengatakan bahwa pihak perusahaan sengaja memilih konsep tersebut.

Setelah trial and error melalui berbagai konsep, Rudi menjelaskan bahwa konsep ini dipilih untuk mengedukasi nasabah Blue by BCA mengenai cara bertanya ke customer. Pasalnya, banyak pengguna yang mungkin kesulitan untuk mengajukan pertanyaan.

"Biasanya, nasabah-nasabah itu suka bingung, suka takut, enggak tahu harus nanyanya gimana seputar fitur-fitur dari produk perbankan ini.

Kita pengen mengedukasi lewat customer service-nya. Kita angkat pertanyaan aneh di kolom komentar," jelas Rudi.

Rudi menambahkan bahwa mereka ingin mengangkat persona customer service yang baik hati dan sabar meskipun pertanyaan nasabah sering tidak sesuai atau aneh. "(seluruh pertanyaan dari nasabah) tetap dijawab dengan sebaik mungkin."

Sementara itu, Somethinc mengatakan bahwa mereka selalu memanfaatkan platform TikTok sebelum memenangkan penghargaan. Bahkan, perusahaan itu menjelaskan kepada VOI bahwa mereka melakukan live streaming selama 24 jam.

Kegiatan live streaming untuk mempromosikan produk ini sudah dilakukan sejak fitur tersebut dirilis di TikTok. Awalnya, Somethinc menguji coba fitur tersebut selama 12 jam, kemudian ditingkatkan menjadi 24 jam.

Senior Digital Marketing Alrom Trisena Edriasa pun menjelaskan bahwa mereka bisa mengkampanyekan produk mereka dengan mudah di TikTok dengan berbagai fitur yang disediakan. Satu-satunya kesulitan adalah menciptakan ide dan mengembangkan kreativitas.

"Kalau bikin iklan di TikTok, kalau ide kreativitasnya itu susah, tapi sebenarnya meng-utilize-nya tidak sesusah itu," kata Alrom. "Sebenarnya kita tinggal sediain kreativitas kita aja sama brain storming team kita karena TikTok sudah provide semuanya."