Bagikan:

JAKARTA - Seorang konsultan politik dari Partai Demokrat di Louisiana didakwa atas robocall palsu yang meniru suara Presiden AS Joe Biden dengan tujuan menghalangi orang untuk memilihnya dalam pemilihan utama Partai Demokrat di New Hampshire. Hal ini dikatakan oleh  Kantor Jaksa Agung New Hampshire pada Kamis, 23 Mei.

Steven Kramer, 54, menghadapi 13 tuduhan kejahatan penindasan pemilih dan 13 tuduhan pelanggaran pidana penyamaran sebagai kandidat setelah ribuan warga New Hampshire menerima pesan robocall yang meminta mereka untuk tidak memilih sampai November. Kramer menghadapi serangkaian sidang pengadilan awal yang dimulai pada 14 Juni di Pengadilan Tinggi Merrimack.

Pengacara untuk Kramer belum dapat diidentifikasi. Kramer sendiri tidak mau menanggapi permintaan komentar dari media.

Kramer mengatakan kepada CBS dan NBC pada Februari bahwa dia telah membayar 500 dolar AS (Rp8 juta) untuk mengirim panggilan tersebut kepada para pemilih untuk menarik perhatian pada masalah ini, setelah panggilan tersebut ditemukan pada Januari. Dia pernah bekerja untuk penantang utama Biden, Perwakilan Dean Phillips, yang mengecam panggilan tersebut.

Secara terpisah, Komisi Komunikasi Federal (FCC) pada Kamis mengusulkan denda sebesar 6 juta dolar AS (Rp96,2 miliar) terhadap Kramer atas robocall yang dikatakan menggunakan rekaman audio deepfake yang dihasilkan oleh AI dari suara Biden yang telah dikloning, dengan alasan bahwa aturannya melarang transmisi informasi ID penelpon yang tidak akurat.

"Ketika penelpon terdengar seperti politisi yang Anda kenal, selebritas yang Anda sukai, atau anggota keluarga yang akrab, siapa pun dari kita bisa tertipu untuk mempercayai sesuatu yang tidak benar dengan panggilan yang menggunakan teknologi AI," kata Ketua FCC, Jessica Rosenworcel.

FCC juga mengusulkan denda sebesar 2 juta dolar AS (Rp32 miliar) terhadap Lingo Telecom karena diduga mentransmisikan robocall tersebut.

Ada kekhawatiran yang semakin besar di Washington bahwa konten yang dihasilkan oleh AI dapat menyesatkan pemilih dalam pemilihan presiden dan kongres pada bulan November. Beberapa senator ingin mengesahkan undang-undang sebelum November yang akan menangani ancaman AI terhadap integritas pemilihan.

"New Hampshire tetap berkomitmen untuk memastikan bahwa pemilihan kami tetap bebas dari gangguan yang melanggar hukum dan penyelidikan kami terhadap masalah ini tetap berlangsung," kata Jaksa Agung John Formella, seorang Republikan.

Formella berharap tindakan negara bagian dan federal ini "mengirimkan sinyal pencegahan yang kuat kepada siapa pun yang mungkin mempertimbangkan untuk mengganggu pemilihan, baik melalui penggunaan kecerdasan buatan atau cara lainnya."

Seorang juru bicara kampanye Joe Biden mengatakan bahwa kampanye tersebut "telah membentuk tim antardepartemen untuk mempersiapkan potensi dampak AI pada pemilihan ini, termasuk ancaman deepfake jahat." Tim ini telah ada sejak September "dan memiliki berbagai alat yang tersedia untuk menangani masalah tersebut."

Pada  Rabu, 22 Mei, Rosenworcel mengusulkan untuk mewajibkan pengungkapan konten yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI) dalam iklan politik di radio dan TV untuk iklan kandidat dan isu, tetapi tidak melarang konten yang dihasilkan oleh AI.

FCC mengatakan penggunaan AI diharapkan memainkan peran yang substansial dalam iklan politik tahun 2024. FCC menyoroti potensi untuk menyesatkan "deepfake" yang merupakan "gambar, video, atau rekaman audio yang diubah yang menggambarkan orang melakukan atau mengatakan hal-hal yang sebenarnya tidak mereka lakukan atau katakan, atau peristiwa yang sebenarnya tidak terjadi."