Bagikan:

 

JAKARTA – CEO Google Sundar Pichai mengungkapkan perubahan struktural di dalam perusahaan. Perubahan ini dilakukan untuk mempercepat perkembangan Gemini dan menyatukan infrastruktur Machine Learning (ML).

Pichai mengatakan bahwa mereka telah menggabungkan tim pembuatan model di Research dan Google DeepMind. Selain dileburkan menjadi satu, semua pekerjaan kini dilakukan oleh Google DeepMind untuk mempercepat pengembangan model AI.

"Hal ini akan menyederhanakan pengembangan dengan memusatkan pembangunan model intensif komputasi di satu tempat dan membangun titik akses tunggal bagi PA yang ingin menggunakan model ini dan membangun aplikasi AI generatif," kata Pichai dalam blog resmi perusahaan.

Dengan memindahkan fokus pengembangan model AI ke Google DeepMind, pekerjaan untuk tim Research menjadi lebih jelas. Tim tersebut akan meneliti ilmu komputer dasar dan terapan di sistem komputasi, ML dan algoritma dasar, serta ilmu terapan dan masyarakat.

Google juga membuat perubahan pada tim AI mereka. Pichai mengatakan bahwa tim AI untuk riset telah dipindahkan ke Google DeepMind agar bisa lebih dekat dengan pembuatan model. Mereka juga memindahkan tim lainnya ke divisi Kepercayaan dan Keamanan Google.

"Pergeseran ini menciptakan tanggung jawab dan akuntabilitas yang lebih jelas di setiap tingkat saat kami membangun dan menerapkan, serta memperkuat umpan balik antara model, produk, dan pengguna," ungkap Pichai.

Sementara itu, untuk mendorong kemajuan komputasi, Google menggabungkan tim Devices and Services Product Area (DSPA) dengan P&E. Setelah disatukan, kedua tim ini dimasukkan ke dalam divisi baru yang disebut Platform dan Perangkat.

"Memiliki tim terpadu di seluruh Platform & Perangkat akan membantu kami menghadirkan produk dan pengalaman berkualitas lebih tinggi bagi pengguna dan mitra kami. Hal ini akan membantu kami meningkatkan ekosistem Android dan Chrome," jelas Pichai.