Alibaba Cloud Luncurkan ModelScope, Platform <i>Open Source</i> dengan Ratusan Model AI
Jeff Zhang, Presiden Alibaba Cloud Intelligence (foto: IST)

Bagikan:

JAKARTA - Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan inteligensi Alibaba Group mengumumkan peluncuran ModelScope, platform open-source Model-as-a-Service (MaaS) yang hadir dengan ratusan model AI, termasuk model pra-pelatihan besar untuk para pengembang dan peneliti global. 

Selain itu, Alibaba Cloud juga memperkenalkan berbagai produk database tanpa server dan meningkatkan analitik data terintegrasi dan platform komputasi cerdas untuk membantu pelanggan mencapai inovasi bisnis lebih lanjut melalui teknologi cloud.

"Komputasi cloud telah memunculkan revolusi mendasar pada saat sumber daya komputasi diatur, diproduksi, dan digunakan secara komersial sambil mengubah paradigma pengembangan perangkat lunak dan mempercepat integrasi cloud dan terminal titik akhir (endpoint),” kata Jeff Zhang, Presiden Alibaba Cloud Intelligence dalam konferensi tahunnya, Apsara Conference, diterima Jumat, 11 November. 

MaaS untuk menciptakan komunitas teknologi yang transparan dan inklusif

Platform ModelScope yang hari ini diluncurkan dilengkapi dengan lebih dari 300 model AI siap pakai yang dikembangkan oleh Alibaba DAMO Academy ("DAMO"), inisiatif penelitian global Alibaba, dalam lima tahun terakhir. 

Model ini mencakup berbagai bidang mulai dari visi komputer hingga pemrosesan bahasa alami (NLP) dan audio. Platform ini juga mencakup lebih dari 150 model state-of-the-art (SOTA), yang diakui secara global sebagai yang terbaik di bidangnya masing-masing untuk mencapai hasil dalam tugas yang diberikan.

Sebagai komunitas open-source, ModelScope bertujuan untuk membuat pengembang dan peneliti dapat dengan mudah menguji model secara online dan bebas biaya serta mendapatkan hasil pengujian mereka dalam beberapa menit. 

Mereka juga dapat mengembangkan aplikasi AI yang disesuaikan dengan menyempurnakan model yang ada, dan menjalankan model secara online yang didukung oleh Alibaba Cloud, atau menyebarkannya di platform cloud lain atau dalam pengaturan lokal.

Peluncuran ini menggarisbawahi upaya dan komitmen DAMO yang berkelanjutan untuk mempromosikan teknologi yang transparan dan inklusif untuk membangun dan menjalankan model AI serta memungkinkan universitas dan perusahaan kecil untuk dengan mudah menggunakan AI dalam penelitian dan bisnis mereka masing-masing.