Begini Cara Mengatur Kamera iPhone untuk Menghasilkan Rekaman Video yang Lebih Baik
Mengatur kamera video iPhone (foto: dok. Apple)

Bagikan:

 

JAKARTA – iPhone merupakan salah satu ponsel pintar yang terkenal karena hasil foto dan rekamannya yang sangat baik. Namun, beberapa pengguna iPhone terkadang kurang puas dengan hasil kameranya.

Jika hal ini terjadi pada Anda, hal ini bisa diatasi dengan sangat mudah. Anda hanya perlu mengatur beberapa hal di Pengaturan dan membuat hasil kameranya menjadi lebih jernih atau bahkan lebih tajam dari sebelumnya.

Cara pertama, mengutip dari Makeuseof, adalah mengubah resolusi video dan frame rate. Buka Pengaturan terlebih dahulu, kemudian buka Kamera dan pilih menu Rekam Video. Di halaman berikutnya, Anda akan melihat kombinasi resolusi dan frame rate.

Jika Anda menginginkan hasil rekaman dengan resolusi yang sangat tinggi, Anda bisa memilih 4k di 60FPS. Saat menggunakan kombinasi ini, pastikan bahwa Anda memiliki Kapasitas yang cukup karena hasil rekamannya memakan banyak memori.

Berikutnya, Anda bisa menggunakan mode Aksi saat merekam video di iPhone Anda. Fitur ini sangat berguna ketika Anda menghadiri konser suatu artis karena mode Aksi akan mencegah rekaman terlihat tidak stabil atau bergetar.

Anda juga bisa mengaktifkan Stabilisasi yang Ditingkatkan. Fitur ini mirip dengan mode Aksi karena fungsinya sama-sama mencegah getaran yang berlebihan. Namun, fitur ini hanya tersedia seri iPhone 14 dan yang lebih baru.

Terakhir, Anda bisa mencoba format ProRes yang tersedia di iPhone 13 Pro dan model Pro yang lebih baru. Fitur ini berguna untuk rekaman yang ingin menghasilkan detail luar biasa. Fitur ini tidak sulit untuk digunakan dan memudahkan pengeditan.

Untuk mengaktifkan fitur ProRes, buka menu Kamera di dalam Pengaturan iPhone Anda. Kemudian, ketuk bagian Format dan aktifkan toggle button yang ada di samping opsi Apple ProRes. Fitur ini berada di bagian bawah Pengambilan Video.