Bagikan:

JAKARTA - AS dan Inggris pada  Senin 1 April, mengumumkan kemitraan baru dalam ilmu keamanan kecerdasan buatan (AI), di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang versi generasi berikutnya yang akan datang.

Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo, dan Menteri Teknologi Inggris, Michelle Donelan, menandatangani nota kesepahaman di Washington untuk mengembangkan pengujian model AI lanjutan secara bersama, menyusul komitmen yang diumumkan pada AI Safety Summit di Bletchley Park pada November.

“Kita semua tahu AI adalah teknologi penentu generasi kita,” kata Raimondo. “Kemitraan ini akan mempercepat kerja institusi kami di seluruh spektrum untuk mengatasi risiko kekhawatiran keamanan nasional kami dan kekhawatiran masyarakat kita yang lebih luas.”

Inggris dan AS termasuk di antara negara-negara yang mendirikan institut keamanan AI yang dipimpin pemerintah. Inggris mengatakan pada Oktober bahwa institutnya akan memeriksa dan menguji jenis AI baru, sementara AS mengatakan pada November bahwa mereka meluncurkan institut keamanan mereka sendiri untuk mengevaluasi risiko dari model AI perbatasan dan sekarang bekerja dengan 200 perusahaan dan entitas.

Dalam kemitraan formal, Inggris dan AS berencana melakukan setidaknya satu latihan pengujian bersama pada model yang dapat diakses publik dan sedang mempertimbangkan untuk menjelajahi pertukaran personel antara institut. Kedua negara tersebut bekerja untuk mengembangkan kemitraan serupa dengan negara lain untuk mempromosikan keamanan AI.

“Ini adalah perjanjian pertama jenisnya di mana saja di dunia,” kata Donelan. “AI sudah menjadi kekuatan luar biasa untuk kebaikan di masyarakat kita, dan memiliki potensi besar untuk mengatasi beberapa tantangan terbesar dunia, tetapi hanya jika kita mampu mengatasi risiko tersebut.”

AI generatif - yang dapat menciptakan teks, foto, dan video sebagai respons terhadap petunjuk terbuka - telah memicu kegembiraan serta ketakutan bahwa itu bisa membuat beberapa pekerjaan menjadi usang, mengganggu pemilihan, dan berpotensi menguasai manusia dan efek bencana.

Raimondo dan Donelan mendesak tindakan bersama yang diperlukan untuk mengatasi risiko AI. “Waktu sangat penting karena set model berikutnya akan segera dirilis, yang akan jauh lebih mampu,” kata Donelan. “Kami memiliki fokus pada area yang kami bagi dan taklukkan dan benar-benar spesialisasi.”

Raimondo mengatakan dia akan membahas masalah AI dalam pertemuan Dewan Perdagangan dan Teknologi AS-UE di Belgia pada  Kamis, 4 April. Pemerintah Presiden Joe Biden berencana untuk segera mengumumkan penambahan tim AI-nya. “Kami menarik sumber daya penuh pemerintah AS,”  kata Raimondo.

Kedua negara berencana untuk berbagi informasi kunci tentang kemampuan dan risiko yang terkait dengan model dan sistem AI serta penelitian teknis tentang keamanan dan keamanan AI. Pada bulan Oktober, Biden menandatangani perintah eksekutif yang bertujuan untuk mengurangi risiko AI.

Pada bulan Januari, Departemen Perdagangan mengatakan bahwa mereka mengusulkan untuk mengharuskan perusahaan cloud AS untuk menentukan apakah entitas asing mengakses pusat data AS untuk melatih model AI.

Inggris mengatakan pada Februari bahwa mereka akan menghabiskan lebih dari 100 juta pound (Rp2 triliun) untuk meluncurkan sembilan pusat penelitian baru dan melatih regulator AI tentang teknologi tersebut. Raimondo mengatakan dia sangat khawatir tentang ancaman AI yang diterapkan pada bioterorisme atau simulasi perang nuklir.

“Itu adalah hal-hal di mana konsekuensinya bisa bencana dan jadi kita benar-benar harus memiliki toleransi nol untuk beberapa model ini digunakan untuk kemampuan tersebut,” katanya.