Pemimpin Senat AS Chuck Schumer akan Gelar Forum Kecerdasan Buatan dengan Tokoh-tokoh Teknologi
Chuck Schumer ingin gelar konferensi AI dengan para tokoh teknologi dunia. (foto: twitter @SenSchumer)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Senin, 8 Agustus, kantor Senat Mayoritas AS Senator  Chuck Schumer mengumumkan bahwa dia akan mengadakan forum kecerdasan buatan pada tanggal 13 September yang akan dihadiri oleh para pemimpin teknologi termasuk CEO Tesla  Elon Musk, CEO Meta Platforms  Mark Zuckerberg, dan CEO Alphabet Sundar Pichai.

Forum tertutup ini juga akan menampilkan CEO OpenAI Sam Altman dan CEO Microsoft Satya Nadella,  dan forum ini akan bersifat bipartisan.

Beberapa pemerintah sedang mempertimbangkan bagaimana mengurangi bahaya dari teknologi yang sedang muncul ini, yang telah mengalami lonjakan investasi dan popularitas konsumen dalam beberapa bulan terakhir setelah peluncuran ChatGPT oleh OpenAI.

Pada Juni lalu, Schumer memberi petunjuk bahwa ia akan mengadakan forum untuk "membangun dasar kebijakan baru untuk AI."

"Kita membutuhkan yang terbaik duduk di meja: para pengembang AI terbaik, eksekutif, ilmuwan, advokat, pemimpin komunitas, pekerja, ahli keamanan nasional - semuanya bersama dalam satu ruangan, melakukan pekerjaan bertahun-tahun dalam hitungan bulan," kata Schumer, seperti yang tertera di situs web Demokrat Senat.

Regulator di seluruh dunia telah berusaha keras untuk merumuskan aturan yang mengatur penggunaan AI generatif, yang dapat menciptakan teks dan menghasilkan gambar dengan asal buatan yang hampir tidak terdeteksi. Dampaknya telah dibandingkan dengan kedatangan internet.

"Risiko kecerdasan buatan terhadap keamanan nasional dan ekonomi perlu diatasi," kata Presiden AS Joe Biden pada bulan Juni, sambil menambahkan bahwa ia akan mencari saran dari para ahli.

Biden juga baru-baru ini membahas masalah AI dengan pemimpin dunia lainnya, termasuk Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak yang pemerintahannya akan mengadakan pertemuan puncak global pertama tentang keamanan kecerdasan buatan nanti tahun ini.