JAKARTA - Menurut Laporan Lebaran yang dirilis Grab Januari 2024, momen Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2024 ternyata dapat berkontribusi terhadap peningkatan volume transaksi digital.
Laporan ini menunjukkan bahwa 84 persen masyarakat Indonesia siap meningkatkan aktivitas digital mereka selama Ramadan, dengan 72 persen di antaranya berencana menggunakan layanan Grab untuk pesan-antar dan transaksi pembayaran.
Selain itu, sebanyak 86 persen responden juga mengaku bahwa mereka bersedia untuk berbelanja barang berkualitas untuk keluarga mereka di rumah.
Lebih lanjut, laporan ini juga menyebutkan bahwa 79 persen pengguna Grab, termasuk pengguna kendaraan, memilih Grab untuk kenyamanan pada momen spesial, menyebabkan lonjakan jumlah penumpang mingguan sebesar 19 persen dibandingkan sebelum Ramadan.
BACA JUGA:
Laporan Grab juga melihat adanya tren perjalanan ke bandara yang meningkat menjelang lebaran, yaitu sejak minggu ketiga dan seterusnya. Ditambah dengan padatnya rute perjalanan karena tradisi mudik untuk berkumpul dengan keluarga.
Secara keseluruhan, Laporan Lebaran Grab ini menunjukkan adanya peningkatan mobilitas menggunakan layanan transportasi online, belanja kebutuhan rumah tangga, pengiriman barang, dan transfer uang juga berkontribusi terhadap peningkatan transaksi digital di Grab.