Laporan Lebaran Grab: Peningkatan Konsumen di Layanan Pesan-Antar dan Transportasi
 Ilustrasi penggunaan transportasi online Grab (foto: dok. Grab)

Bagikan:

JAKARTA – GrabAds merilis laporan tahunan mengenai aktivitas pengguna Grab saat Ramadan. Laporan ini disusun berdasarkan data internal Grab dan hasil survei dari 1.283 pengguna pada akhir tahun lalu.

Laporan ini dirilis untuk membantu para pelaku bisnis atau Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) untuk memperkirakan pendekatan yang tepat terhadap konsumen. Pasalnya, pola belanja dan konsumsi selalu meningkat saat Ramadan.

“Kami melihat ada peningkatan pola belanja dan konsumsi. Hal ini memberikan peluang bagi pelaku bisnis untuk menjangkau audiens yang tepat secara online dengan merencanakan kampanye yang strategis di awal Ramadan,” jelas Country Marketing Head Grab Indonesia, Melinda Savitri.

Dalam laporan tersebut tercatat bahwa aktivitas digital meningkat saat bulan Ramadan. Selama periode tersebut, 72 persen responden berencana mengandalkan layanan pesan-antar makanan dan melakukan transaksi pembayaran di Grab.

Hasil survei berikutnya menunjukkan bahwa Grab mengalami peningkatan konsumen. Platform layanan on-demand itu mengalami peningkatan sebesar 19 persen untuk mengirimkan parsel ke sanak saudara ataupun teman menjelang Lebaran.

Berikutnya, hasil survei GrabAds menunjukkan bahwa pengguna transportasi online meningkat di awal Ramadan. Hal ini terjadi karena tradisi kumpul keluarga. Sejalan dengan peningkatan ini, jumlah penumpang mingguan Grab meningkat hingga 19 persen.

Sementara itu, data internal Grab menunjukkan bahwa pesanan di GrabFood dan GrabMart mengalami lonjakan secara signifikan. Di GrabFood, peningkatan pesanan mencapai puncak pada Malam Takbiran, sementara pesanan tertinggi GrabMart meningkat saat sahur.

Dengan merilis laporan ini, GrabAds berkomitmen untuk membantu mitra dan para pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM). GrabAds juga ingin memberikan pemahaman yang lebih mendalam sehingga Grab bisa mengoptimalkan layanannya.

Ket. foto: