Kominfo Rilis e-Book MudikPedia: Temukan Rest Area, Pom Bensin, dan Posko Kesehatan Terdekat
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong (foto: dok. Humas Kominfo)

Bagikan:

JAKARTA - Sama seperti di tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali merilis buku elektronik MudikPedia yang menyediakan informasi selama periode Lebaran 2024.

"Hal ini untuk memberikan panduan kepada masyarakat yang akan mudik. Semua informasi yang dibutuhkan telah dirangkum dalam booklet ini,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong dalam siaran resminya pada Rabu, 27 Maret.

Buku elektronik ini akan berisikan informasi dan panduan selama mudik lebaran, termasuk pemesanan tiket kereta dan kapal ferry, cek tarif tol, perkiraan cuaca, daftar mudik gratis, pemantauan lalu lintas, dan informasi lain seperti rest area, rumah makan, pom bensin, dan posko kesehatan terdekat.

"Tentu pemudik perlu mendapat informasi saat akan melakukan perjalanan. Penjelasan dalam buku elektronik ini lengkap, sehingga mereka bisa menentukan, misalnya kapan dan melalui jalur mana saat mudik. Masyarakat bisa memantau lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan, rest area, pom bensin terdekat, rumah makan, dan posko kesehatan," jelasnya.

Usman Kansong mengharapkan Mudikpedia ini bisa menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan “Mudik Ceria, Penuh Makna”, sesuai dengan slogan Angkutan Lebaran 2024.

Lebih lanjut, Usman menambahkan bahwa pemudik yang menggunakan kendaraan listrik pun akan terbantu karena ada informasi keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

"Mudikpedia diharapkan bermanfaat dan membantu masyarakat dalam merencanakan mudik yang aman dan nyaman baik melalui darat, laut, maupun udara," tandasnya. Sementara itu, buku elektronik MudikPedia bisa diakses melalui tautan https://s.id/mudikpedia.