Bagikan:

JAKARTA - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali mengambil peran mendukung Kementerian Perhubungan serta kementerian dan lembaga terkait, dalam hal komunikasi publik.

Direktur Jenderal IKP Kominfo Usman Kansong mengatakan bahwa Kominfo telah membentuk tim komunikasi publik lintas kementerian/lembaga, ada Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian Parekraf, BMKG, Korlantas Polri, dan pemerintah daerah.

“Tim ini bertugas memproduksi dan mendiseminasikan konten-konten berisi ajakan tertib Nataru 2023/2024. Karena sifatnya live document, situasi dan kondisi lalu lintas selama periode tersebut akan terus di update oleh tim ini,” kata Usman dalam konferensi persnya pada Senin, 11 Desember.

Tidak hanya itu, Usman juga mengatakan bahwa Kominfo melalui Ditjen IKP kembali meluncurkan buku elektronik Mudikpedia Nataru yang bisa diakses melalui https://s.id/mudikpedia, untuk memudahkan pemudik mendapatkan berbagai informasi penting terkait Nataru 2023/2024.

“Buku ini berisi ragam informasi penting, yaitu perkiraan jumlah pemudik saat periode Nataru, perkiraan puncak kepadatan arus lalu lintas, termasuk titik-titik kepadatannya, serta update harian perkiraan cuaca,” jelasnya lebih lanjut.

Selain itu, buku ini juga memasukkan nomor-nomor telepon yang bisa dihubungi selama perjalanan, lokasi posko-posko siaga, jalur alternatif untuk menghindari kemacetan, lokasi-lokasi SPBU atau stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), hingga lokasi rest area.

Tidak hanya itu, Usman juga menyatakan bahwa pemudik akan bisa memantau kondisi arus lalu lintas secara langsung, karena buku elektronik itu akan berisikan link live CCTV dari Road Transport And Traffic Manajemen Center (RTTMC) Kementerian Perhubungan dan live CCTV kondisi jalan tol dari badan pengatur jalan tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.