Google Akan Hadirkan Laporan Kualitas Bug ke dalam Pintasan Gboard
 Pembaruan aplikasi Gboard (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA – Gboard, keyboard virtual buatan Google, mendapatkan fitur Pindai Teks beberapa waktu lalu. Kini, Google menambahkan fitur baru bernama Laporan Kualitas Bug yang terlihat dalam bentuk pintasan.

Sebelum fitur ini diluncurkan, pengguna bisa melaporkan bug dengan membuka Pengaturan Gboard terlebih dahulu. Proses ini akan memakan lebih banyak waktu sehingga Google membuat versi pintasan dari fitur Laporan Kualitas Bug.

Sekarang, pengguna bisa menempatkan Laporan Kualitas Bug ke dalam deretan pintasan. Saat ada masalah pada keyboard yang mereka gunakan, pengguna bisa langsung membuka deretan pintasan dan memasukkan keluhan mereka.

Tampilan fiturnya akan terlihat dalam bentuk pop-up. Saat halaman send feedback to Google terlihat, pengguna akan diminta menekan tombol Get Started untuk menjawab beberapa pertanyaan dan membagikan keluhan mereka.

Jika keluhan yang ingin disampaikan terlalu banyak dan pengguna malas untuk mengetik, Gboard juga menghadirkan fitur speak your issue. Ketik ikon suaranya dan bicarakan seluruh keluhan yang dimiliki, kemudian kirim keluhannya.

Fitur speak your issue ini tidak akan terpengaruh dengan Gboard Voice Toolbar yang tidak kompatibel dengan ponsel. Pengguna Gboard di ponsel masih bisa menggunakan suara saat ingin mengirimkan keluhan ke pihak Google.

Pintasan fitur Laporan Kualitas Bug ini ditemukan pertama kali oleh 9to5google dalam peluncuran beta versi 13.9.13.x. Saat ini, pembaruan tersebut hanya terlihat di perangkat Pixel dan belum diketahui apakah akan muncul di perangkat Android lainnya.