Gboard Gantikan Opsi Atur Ketinggian Keyboard dengan Fitur Resize
Tangkapan layar tampilan keyboard Gboard di kanal YouTube Google (foto: Rana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gboard, aplikasi papan ketik yang dikembangkan Google, telah memperkenalkan fitur Resize sejak beberapa bulan lalu. Fitur ini dianggap lebih mudah dalam menyesuaikan tampilan keyboard.

Seiring dengan munculnya fitur ini, Google akhirnya menyingkirkan opsi lama dari pengubah ukuran, yakni Keyboard Height. Opsi ini telah dihilangkan dari bagian Pengaturan dan mulai berlaku pada pembaruan Gboard beta versi 13.4.08.

Sebelumnya, pengguna bisa memilih ukuran tampilan keyboard yang tepat dengan membuka Pengaturan di aplikasi Gboard dan memilih Prefrensi. Saat itu Google masih menghadirkan tujuh pilihan menarik.

Ketujuh pilihan ini adalah peningkatan ke ekstra pendek, pendek, menengah pendek, normal, menengah tinggi, tinggi, dan ekstra tinggi. Kini, ketika pengguna Gboard membuka Prefrensi, mereka hanya menemukan Mode Satu Tangan dalam pengaturan Tata Letak.

Google mungkin merasa bahwa fitur Resize menjadi lebih baik dalam mengatur ukuran karena pengguna bisa mengatur sesuka hati mereka. Fitur ini juga berbeda dengan Keyboard Height yang memberikan pilihan tetap dan terbatas.

Dikutip dari 9to5google, pilihan Resize bisa ditemukan di halaman pintasan Gboard. Pengguna bisa mengganti ukuran keyboard sesuka hati dengan menyeret dua tab penarik di bagian atas dan bawah.

Selain mengubah ukuran keyboard, pengguna juga bisa menempatkan tombol lebih tinggi untuk memberikan celah kepada spasi dan bilah beranda sistem.