Bagikan:

JAKARTA - Mengingat rasio aspek smartphone yang tinggi, terkadang keyboard dalam orientasi lanskap memenuhi sebagian layar, sehingga konten tertutup dengan keyboard dan tidak terlihat jelas.

Namun, Google kini memiliki pembaruan pada keyboard nya, yakni Gboard. Di mana orientasi Gboard saat ponsel ditidurkan akan memiliki alternatif mengambang, sehingga tidak akan lagi memakan banyak space layar Anda.  

Dengan rilis beta saat ini (versi 13.6, melalui Android Police), Gboard akan secara otomatis meluncurkan keyboard mengambangnya saat Anda mulai mengetik lanskap. 

Biasanya, Keyboard secara default akan langsung terbuka di tengah. Tapi, dengan pembaruan ini Anda dapat menyeretnya ke mana saja, baik itu ke kiri atau kanan layar dalam posisi mengambang. 

Dan menurut catatan 9to5Google, nantinya Gboard akan mengingat lokasinya saat Anda menggunakannya lagi. Tidak hanya posisi, Anda juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan ukuran jendela dari sudut.

Untuk kembali ke tampilan keyboard biasa (atau berada di tengah layar), Anda dapat mengetuk pintasan “Mengambang” atau menyeret keyboard ke tepi bawah layar. Setelah Anda melakukan ini, Gboard tidak akan lagi membuka mode mengambangnya saat dalam lanskap.

Mengingat pembaruan ini masih diluncurkan dalam versi beta, mungkin pengguna lain masih harus menunggunya di masa mendatang, hingga fitur ini dirilis secara publik.