Nvidia GTC 2024 Dimulai, Investor Fokus pada Pengumuman Chip Baru dari CEO Jensen Huang
CEO Nvidia Jensen Huang (foto: x @nvidia)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa semikonduktor kecerdasan buatan Nvidia  memulai konferensi developer tahunan mereka pada Senin, 18 Maret. Investor menaruh perhatian pada pengumuman chip baru dari CEO Jensen Huang dalam pidato utama sore hari nanti.

Pengumuman chip dan software terbaru Nvidia di GTC 2024 akan menentukan apakah Nvidia dapat mempertahankan posisi kepemimpinan mereka sebagai produsen dominan peralatan yang mendukung kemajuan pesat AI seperti di tahun sebelumnya. Nvidia mendominasi pasar chip AI pusat data, dengan pangsa pasar sekitar 80% tahun lalu.

Pangsa pasar Nvidia diperkirakan akan turun beberapa persen di tahun 2024 seiring produk baru dari pesaing seperti Intel  dan Advanced Micro Devices (AMD) memasuki pasar.

Huang diperkirakan akan mengumumkan prosesor AI generasi terbaru yang dirancang oleh perusahaannya. Chip B100 yang akan datang diharapkan memiliki peningkatan signifikan dibandingkan pendahulunya, H100.

Meskipun Nvidia dikenal luas sebagai perancang chip, mereka juga telah membangun rangkaian produk perangkat lunak yang signifikan. Huang diperkirakan akan mengumumkan serangkaian produk baru terkait perangkat lunak pada hari Senin. Awal tahun ini, Nvidia menyatakan bahwa bisnis perangkat lunak dan layanan mereka telah mencapai pendapatan tahunan sebesar 1 miliar dolar AS (Rp15,7 triliun) pada akhir tahun fiskal terakhir perusahaan.

Perusahaan yang berbasis di Santa Clara, California, ini menyelenggarakan GTC secara langsung untuk pertama kalinya sejak 2019. Mereka memperkirakan sekitar 16.000 orang akan hadir, sekitar dua kali lipat dari acara tatap muka terakhir.

Pidato utama Huang akan diadakan di arena hoki Silicon Valley pada pukul 1:00 p.m. (20.00 GMT), tempat terbesar yang pernah diperoleh perusahaan untuk acara semacam itu.